Aneka Aplikasi Wajib Windows 8

Windows 8 memang bagaikan amphibi, bisa hidup di dua dunia. Tampilan khan Modern UI yang sebelumnya dikenal dengan Metro Style jelas dioptimasi untuk peranti berlayar sentuh, tablet misalnya.

Yang masih membutuhkan aplikasi desktop lawas yang tadinya jalan di Windows 7, tersedia Desktop di Windows 8 yang bisa digunakan untuk menjalankannya.

Adanya dua “alam” ini sejalan dengan makin maraknya notebook hybrid yang diproduksi. Jika diaktifkan sebagai tablet, no problem, Modern UI siap melayani. Jika difungsikan sebagai notebook, ayo pakai Desktop.

Saat dipakai sebagai Desktop, kamu pasti sudah punya banyak aplikasi favorit, khususnya “peninggalan” saat menggunakan Windows 7 dulu. Bagaimana dengan aplikasi saat difungsikan sebagai tablet? Nah, yang ini pasti masih banyak yang menimbang-nimbang, aplikasi apa sih yang sebaiknya ada di notebook hybrid kamu?

Tak perlu bingung karena PCplus akan membantumu menampilkan daftar beberapa aplikasi yang wajib hukumnya ada di Windows 8.

 

Clock

t2-432-aaw-gb-01Percaya atau tidak, banyak orang yang membuka gadget-nya untuk sekedar melihat jam. Windows 8 sudah tentu dilengkapi dengan aplikasi jam. Namun yang agak disayangkan, saat menggunakan Modern UI, kamu mesti membuka Charm Bar terlebih dahulu untuk melihat jam.

Kami merekomendasikan untuk menginstal aplikasi bernama Clock yang diproduksi oleh Jujuba Software. Ikon aplikasi ini diperlengkapi dengan fitur live tile. Jadi bila dipasang di halaman Start, kamu bisa langsung melihat jam dan tanggal tanpa harus membuka Charm Bar.

Bukan cuma live tile-nya yang bisa dimanfaatkan. Bila dijalankan, aplikasi ini selain menampilkan jam juga bisa dimanfaatkan untuk stop watch, timer, dan alarm.

 

Windows 8 Cheat Keys

t2-432-aaw-gb-02Layaknya pemain game pemula yang membutuhkan “kode curang” supaya berhasil menang, pengguna pemula Windows 8 barangkali juga membutuhkan daftar shorcut yang bisa digunakan untuk mempermudah pengoperasian Windows 8.

Daftar shortcut tersebut beserta dengan penjelasannya disediakan oleh aplikasi bernama Windows 8 Cheat Keys.

Dengan memanfaatkan kemampuan Windows 8 untuk menampilkan 2 aplikasi sekaligus pada tampilan Modern UI, kamu bisa menampilkan Windows 8 Cheat Keys tersebut berbarengan dengan penggunaan aplikasi lain sembari belajar bagaimana cara termudah mengoperasikan Windows 8.

 

MetroTwit

t2-432-aaw-gb-03Kalau aplikasi yang ini wajib diinstal oleh para pengguna Twitter. Jangan sampai keliru dengan MetroTwit for Desktop ya karena MetroTwit yang ini memiliki tampilan Modern UI. Bukan berarti MetroTwit for Desktop kalah bagus, tapi bila memang kamu ingin memaksimalkan penggunaan Modern UI, maka MetroTwit adalah pilihan yang lebih tepat.

MetroTwit menampilkan timeline Twitter dalam dua kolom, satu kolom untuk menampung tweet orang-orang yang kamu follow dan satu kolom lagi untuk menampilkan mention. Direct Message juga bisa ditampilkan dengan mengklik tombol tertentu, namun kolom yang digunakan untuk menampilkannya akan menimpa salah satu kolom yang tersedia.

 

IM+

t2-432-aaw-gb-04Windows 8 telah dilengkapi dengan aplikasi internet messenger bawaan, namun jelas bukan lawan sepadan bagi IM+. IM+ mendukung penggunaan berbagai layanan messenger yang populer seperti Windows Live Messenger, Facebook, Skype chat, Google Talk, AOL/AIM/iChat, Yahoo!, ICQ, Jabber, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, bila kamu aktif di berbagai messenger, kamu tak lagi perlu menginstal satu macam peranti lunak hanya untuk satu akun/layanan. Cukup install IM+ dan semua akun akan terintegrasi ke dalamnya.

Daftar kontak yang ada di berbagai layanan juga akan diintegrasikan menjadi satu, sehingga kamu tak perlu lagi menghafal harus membuka layanan yang mana untuk mengontak teman yang mana. Namun di dekat foto profil temanmu akan muncul logo layanan di mana dia terdaftar, jadi kamu tahu harus menghubunginya melalui layanan messenger yang mana.

 

Multimedia 8

t2-432-aaw-gb-05Secara default, Windows 8 tidak dilengkapi dengan Media Center. Peranti lunak tersebut harus dibeli secara terpisah dan harganyapun lumayan mahal. Namun kamu tak perlu khawatir, ada cukup banyak peranti lunak multimedia yang bisa dijadikan pengganti. Salah satunya adalah Multimedia 8.

Multimedia 8 sangat mumpuni karena mendukung banyak format video dan audio, bahkan video 3D. Bukan Cuma sekedar mampu memutar berbagai media, Multimedia 8 juga bisa digunakan untuk merekam, baik video maupun audio. Tentunya kamu harus memiliki perangkat keras yang tepat seperti mikrofon dan kamera.

Bila kamu hendak memutar film berbahasa asing yang tidak diperlengkapi dengan subtitle, kamu bisa mencari subtitle untuk film tersebut secara terpisah. Multimedia 8 akan langsung menampilkan subtitle suatu film sepanjang memiliki format SRT atau WebVTT dan nama file subtitle tersebut sama dengan nama file filmnya, hanya beda ekstensi.

 

MetroCommander

t2-432-aaw-gb-06Manajemen file merupakan hal yang penting dilakukan saat bekerja dengan perangkat komputer atau gadget. Saat bekerja dengan Desktop Windows 8, tersedia pengelola file bernama File Explorer yang merupakan turunan Windows Explorer. Namun Windows 8 tidak memiliki peranti bawaan serupa untuk tampilan Modern UI.

Solusinya, kamu bisa menggunakan MetroCommander. MetroCommander memiliki tampilan papan ganda (dual pane) yang masing-masing bisa digunakan untuk menampilkan daftar file di lokasi berbeda. Operasi file kemudian bisa dilakukan di antara kedua papan tersebut, seperti memindahkan, menyalin, mengganti nama file, dan lain-lain. Operasi dilakukan dengan menekan tombol F2 hingga F6.

Model tampilan dan operasi di atas mirip dengan aplikasi di era DOS dulu, Midnight Commander.

Selain bisa digunakan untuk mengelola file yang ada di komputer lokal, MetroCommander juga bisa digunakan untuk mengelola file di awan seperti SkyDrive.

 

Naskah: Yahya Kurniawan [[email protected]]


Share