Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Apacer Mulai Tawarkan DDR4

ApacerMulaiTawarkanDDR4
DDR4 2133 Unbuffered DIMM merupakan generasi awal DDR4 dari Apacer. Dengannya Apacer siap untuk menyongsong dimulainya pergeseran memori utama dari DDR3 ke DDR4. (foto: Apacer)

Taiwan, PCplus – Menyusul sejumlah produsen lain yang sudah menawarkan DDR4 untuk Intel Haswell-E ─ prosesor desktop pertama yang menggunakan DDR4, Apacer mulai menawarkan DDR4 semenjak 19 September lalu, tepatnya DDR4 2133 Unbuffered DIMM. DDR4 adalah standar baru untuk memori utama. Selain bisa mencapai frekuensi kerja efektif yang lebih tinggi, DDR4 juga punya tegangan kerja default yang lebih rendah.

DDR3 tersedia mulai dari DDR3-800 sampai DDR3-2133 (sesuai standar JEDEC ─ organisasi yang mengurusi standar memori utama), sementara DDR4 tersedia mulai dari DDR4-1600 sampai DDR4-2400 (juga sesuai standar JEDEC). Sekilas frekuensi kerja efektif tertinggi yang dimiliki keduanya tidak berbeda jauh, namun standar DDR3 yang lebih tinggi sebenarnya hadir belakangan. Jadi bukan tidak mustahil, di masa yang akan datang standar DDR4 mencapai nilai yang lebih tinggi lagi.

Untuk tegangan kerja defaultnya, DDR4 butuh 1,2 V. Nilai ini 0,3 V lebih rendah dari milik DDR3 yang 1,5 V. Tegangan kerja yang lebih rendah 25% ini diklaim bisa menekan konsumsi daya memori utama sampai 50%. “Keunggulan DDR4 ini membantu menurunkan konsumsi daya secara efektif, menjaga suhu sistem rendah dan meningkatkan kestabilan integral, sementara mampu memberikan peningkatkan pada kinerja,” tegas Anderson Chang (PC Application Product Division Product Manager Apacer).

Apacer DDR4 2133 Unbuffered DIMM yang baru diluncurkan itu merupakan DDR4-2133 dengan kapasitas 4 GB dan 8 GB plus memiliki CAS Latency 15. Tegangan kerja yang dibutuhkan sesuai dengan nilai default DDR4, yakni 1,2 V.

 

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.

Komentar kamu