Friday, April 19, 2024
Baru TerbitBerita Teknologi

Yuk Belajar di Rakuten University Indonesia

rakuten-univ

Rakuten Belanja Online, salah satu pemain di industri e-commerce di Indonesia, belum lama ini meluncurkan Rakuten University. Ini adalah pertama kalinya Rakuten University diluncurkan di Asia Tenggara secara resmi.

“Misi Rakuten sebagai sebuah perusahaan berangkat dari filosofi memberdayakan penjual serta pelanggan. Itu merupakan pendekatan bisnis mendasar yang diwujudkan melalui berbagai cara, meliputi acara Rakuten EXPO, E-Commerce Consultant, dan melalui Rakuten University,” ujar Yasunobu Hashimoto, (Direktur PT. Rakuten Belanja Online).

Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan melebihi nilai 18 miliar dolar A.S. pada akhir 2015, namun hanya kurang dari satu persen  UKM lokal yang memanfaatkan e-commerce untuk mengembangkan bisnisnya. Nah, dengan diluncurkannya Rakuten University di Indonesia, ini akan mendukung Program Penjangkauan UKM dan Program MicroB, yang telah ada sebelumnya untuk memperkecil penghalang bagi UKM saat ingin memasuki dunia e-commerce.

“UKM menyumbang hampir sebesar 60% kepada PDB Indonesia dan lebih dari 97% kepada ketenagakerjaan. Kami percaya bahwa memberdayakan UKM merupakan kunci untuk mendukung komunitas lokal. Berdampingan dengan para E-Commerce Consultant kami, diluncurkannya Rakuten University di Indonesia dipercaya akan memberikan kesempatan lebih kepada penjual kami untuk meraup keuntungan melalui pengetahuan serta pemahaman industri yang kami dapat melalui lebih dari lima belas tahun pengalaman di industri ini,” tambah Yasunobu.

“Mata kuliah” yang ditawarkan Rakuten University Indonesia akan menolong penjual dari berbagai tingkat untuk mengembangkan bisnisnya. Mata kuliahnya berkisar dari kursus tingkat dasar untuk membantu para pemula yang baru saja memasang toko online, hingga kursus tingkat menengah dan tingkat lanjut untuk para penjual yang lebih berpengalaman agar mereka bisa menyempurnakan strategi bisnis dan pemasaran mereka, serta tahu bagaimana memanfaatkan wawasan dan tren konsumen.

Sebagai tambahan, akan ada tiga media edukasi di Rakuten University – Classroom, RUx, dan Meet-ups! Penjual akan diajari secara tatap muka dalam program Classroom, sedangkan Rux merupakan sejenis perpustakaan online, dan Meet-up! merupakan rangkaian seminar keliling yang diadakan di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada para penjual untuk saling bertemu dan bertukar ide. Rakuten University Indonesia akan diawali dari peluncuran Classroom untuk para penjual top, baru kemudian membawa programnya ke tingkat lebih lanjut.

Rakuten University pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 2000 dengan tujuan memberikan kerangka bisnis kepada para penjual Rakuten. Program tersebut merupakan usul Hiroshi Mikitani (CEO dan Chairman Rakuten, Inc.), yang berniat mengembangkan orisinalitas dan performa penjual dengan cara menyalurkan sebagian ilmu yang didapat selama ia menempuh studi program MBA-nya di Harvard Business School. Semenjak itu, lebih dari 20 ribu penjual di Rakuten Ichiba telah berpartisipasi dalam program Rakuten University.

Rakuten University saat ini menawarkan kursus di 11 dan 13 negara dan kawasan di mana bisnis ecommerce Rakuten berada. Rakuten University dibangun atas konsep kekeluargaan pelanggan. “Kami fokus akan membangun hubungan kuat antara Rakuten, para penjual kami, dan para pelanggan kami. Melalui Rakuten University, para penjual akan diperkenalkan dengan konsep ‘Omotenashi’, sebuah frasa terkenal dari Jepang yang berarti ‘untuk menghibur tamu dengan tulus’, serta semangat penggerak di balik bisnis e-commerce kami. Untuk mencapai kepuasan pelanggan seratus persen, kami mengantisipasi kebutuhan pelanggan terlebih dahulu, lalu berusaha memberikan kepuasan lebih untuk menjaga agar pelanggan tetap puas. Ini merupakan hal penting dalam membangun hubungan antara penjual dan konsumen yang tahan lama dan berjangka panjang, serta merupakan bagian sentral dari model bisnis Rakuten,” ujar Sachiko Saigo (Group Manager dari International EC Department Rakuten Ichiba).

Diluncurkan di Indonesia pada tahun 2011, Rakuten Belanja Online memiliki lebih dari 600 ribu produk dari lebih dari 700 penjual dengan kategori produk yang beragam, meliputi elektronik, perangkat dan aksesori mobile, fashion dan aksesori, kesehatan dan kecantikan, mainan, kerajinan tangan, serta makanan dan minuman.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.