Beginilah Profil Konsumen Online Indonesia
JAKARTA, PCplus – Belanja secara online makin diminati konsumen, tak hanya di kota besar tapi juga pelosok. Kemudahan dan kepraktisan menjadi pemicu tren ini.
Namun apa sih sebenarnya yang banyak dibeli tanpa dipegang-pegang terlebih dulu fisiknya itu? Apakah barang elektronik? Atau makanan kecil? Atau sepatu?
“Yang banyak dibeli ya barang-barang biasa seperti yang biasa dibeli secara offline. Seperti ponsel, perangkat elektronika rumah tangga, TV dan lain-lain,” tutur Maximilian Bittner (Chief Executive Officer, Lazada Group) dalam jumpa pers di Jakarta (8/10/2015).
Rekomendasi Produk PCplus
-
Sale!
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA-OLEDS511 – Ponder Blue
Rp16,999,000.00 Beli Sekarang -
GEEKOM Mini PC MiniIT11 Intel Core i7-11390H 16GB DDR4 512GB SSD Win11
Rp6,290,000.00 Beli Sekarang -
Sale!
ASUS ROG FLOW X13 GV301RA – R7RADA6T-O – R7-6800HS – SSD 512GB – 120HZ
Rp18,699,000.00 Buy product -
Sale!
Lenovo ideapad Slim 3i-14ITL6 – HYID i3-1115G4 SSD 256GB Arctic Grey
Rp5,899,000.00 Beli Sekarang
Jika dikelompokkan, tambah Bittner, konsumen online umumnya membeli empat kategori barang. Porsi terbesar, 30%, adalah barang elektronik. Berikutnya adalah perangkat elektronik rumah tangga, termasuk produk-produk keperluan dapur. Berikutnya, adalah barang-barang yang terkait kesehatan dan anak muda, seperti produk kecantikan, popok bayi dan lain-lain. Kelompok keempat adalah fesyen. “Yang ini kecil porsinya, tapi paling kencang pertumbuhannya,” ungkap Bittner.
Lalu siapa sih konsumen online ini? “Yang paling banyak belanja online mereka yang berusia 20 sampai 25 tahun,” kata Bittner.