Tuesday, March 19, 2024
Baru TerbitBerita Teknologi

Smartfren Ajak Pelanggan Lama Beralih ke Jaringan 4G LTE

smartfren_samsung2

PT Smartfren Telecom Tbk kembali mengajak para pelanggannya yang masih memanfaatkan jaringan CDMA untuk bermigrasi ke jaringan 4G LTE Advanced miliknya. Saat ini di beberapa kota yang berada di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Bali, dan NTB, Smartfren sudah beroperasi secara penuh di jaringan 4G LTE. Sementara di pulau Jawa proses penyelarasan layanan 4G LTE dan CDMA akan tuntas akhir September 2016.” ujar Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys.

Untuk semakin memberikan kemudahan berkomunikasi dengan jaringan 4G LTE Advanced yang cepat dan stabil, Smartfren juga sudah memperluas cakupan jaringannya hingga ke 188 kota besar di Indonesia. Selain itu beragam perangkat juga dihadirkan, mulai dari seri Andromax MiFi, seri Andromax smartphone, hingga menghadirkan beragam program bundling dengan perusahaan produsen smartphone terkemuka seperti Samsung, Lenovo, dan Evercoss. Bahkan, saat ini layanan 4G LTE Smartfren juga dapat dinikmati melalui beragam merek smartphone 4G favorit lainnya yang beredar di pasaran. Tentunya, yang sudah  dapat mendukung jaringan 4G LTE Band 5 (850MhZ) dan Band 40 (2,300MhZ).

Smartfren juga menyediakan layanan VoLTE, yaitu sebuah layanan komunikasi baru berbasis data yang mengandalkan teknologi dari Jaringan Smartfren 4G LTE melalui IMS (IP Multimedia Subsystem) yang memiliki jalur khusus (dedicated bearer), sehingga menjadikan kualitas video call stabil dan suara telepon berkualitas High – Definition, dengan background noise yang sangat kecil.

Sementara bagi para pengguna smartphone 4G yang belum memiliki fitur VoLTE bawaan, cukup mengunduh aplikasi Smart VoLTE di Google Playstore dan nikmati layanan VoLTE dengan kualitas yang setara dengan perangkat yang sudah memiliki fitur VoLTE bawaan. Syaratnya, untuk dapat menikmati layanan VoLTE, perangkat yang digunakan harus mendukung Band 5 (850MhZ) dan Band 40 (2,300MhZ), memiliki pengaturan mode LTE-only dan menggunakan kartu 4G dengan parameter VoLTE. Daftar smartphone yang sudah teruji kompatibel dengan aplikasi Smart VoLTE Samsung J series, Lenovo A6010, Samsung Tab S2 T715Y, Samsung Tab S2 T815Y, dan Hisense Pureshot.

Proses migrasi ini, juga sekaligus sebagai langkah nyata guna mempercepat penyerapan teknologi 4G LTE di Indonesia. Dengan demikian, dengan percepatan penetrasi 4G di Indonesia dapat lebih mendorong perkembangan pemanfaatan teknogi digital yang akan memacu pertumbuhan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan.

Bagi yang ingin mendapatkan keterangan lebih lengkap mengenai program migrasi ini, pelanggan cukup mengirimkan SMS ke nomor 6046 dengan mengetik “LTE” atau mengunjungi website resmi Smartfren.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.