Bono: File Sharing Sakiti Musisi, Untungkan ISP

BonoAwal Januari, tepatnya tanggal 3 kemarin, Bono mengeluarkan pernyataan kalau file sharing di internet menyakiti musisi dan pembuat film. Vokalis grup band U2 itu juga menyalahkan penyedia bandwidth yang tidak mendukung antipembajakan karena mereka diuntungkan file sharing.

Pernyataan Bono ini menegaskan pernyataan Paul McGuinness, manajer U2, yang mengeluarkan pernyataan senada beberapa saat sebelumnya. McGuiness menyebut, “Free is the enemy of good–gratis kebalikannya bagus.”

Banyak kritik yang menyatakan kalau penyedia bandwidth sebetulnya merupakan lembaga yang berada di posisi yang pas untuk mengeblok musik dan film bajakan. Tapi, beberapa penyedia besar sulit didekati meskipun komunitas hiburan sudah berusaha melobi mereka.

Bono sadar kalau band besar yang sudah banyak uang akan sulit bicara soal kehilangan keuntungan. Tapi, Bono bukan berbicara tentang keuntungan U2 yang menurut McGuinness banyak diperoleh dari tiket konser dan merchandise. Bono dan McGuinness mengaku berbicara demi musisi-musisi yang masih meniti karir.

Tanggapan Kamu

komentar