Google Perkenalkan Telepon Super

nexus_one02Google semalam memperkenalkan ponsel pintar mereka yang diberi nama Nexus One. Pada saat demonstrasi di markas Google di California, Mario Queiroz, Google VP of Product Management, menyebut Nexus One sebagai “telepon super”.

Hardware Nexus One dibuat oleh HTC dan bersistem operasi Android 2.1. Nexus One memiliki layar berteknologi AMOLED dengan ukuran 3,7 inci. Prosesor yang digunakan adalah Qualcoom Snapdragon 1GHz. “Sangat cepat,” kata Erick Tseng, Android Senior Product Manager.

Nexus One memiliki fitur GPS yang dikawinkan dengan Google Maps, accelerometer, keyboard virtual, sensor cahaya untuk menentukan tingkat kecerahan LCD, kompas, kamera 5 megapiksel dengan flash, wi-fi, akses ke Picasa, YouTube, Facebook, dan Bluetooth. Ketebalan Nexus One adalah 11,5mm. “Setebal pensil,” kata Erick. Beratnya 130 gram.

Erick menegaskan kalau Nexus One merupakan kombinasi antara software dan hardware yang sangat mengagumkan. “Tak ubahnya sebuah komputer yang tersimpan di dalam kantong,” ujar Erick.

Salah satu fitur menarik yang didemonstrasikan adalah teknologi pengenal suara yang dimasukkan ke dalam Nexus One. Erick mendemonstrasikan dengan mengucapkan, “Navigate to IKEA.” Nexus One segera memproses perintah Erick dan menampilkan Google Maps yang menunjukkan arah ke toko IKEA.

Di Amerika Serikat, Nexus One tanpa layanan operator dilepas dengan harga US$529.

Tanggapan Kamu

komentar