Satu Minggu, 1,4 Juta Ovi Maps Gratis Diunduh

ovi-mapsJAKARTA, KAMIS –  Biasanya yang gratis itu memang laris manis dicari. Apalagi jika itu datang dari Nokia, yang biasanya tidak pernah memberikan sesuatu dengan cuma-cuma.  Maka begitu tersebar berita pada 21 Januari Nokia menggratiskan Ovi Maps versi terbarunya, sibuklah para pemilik ponsel Nokia mengunduhnya.

Tak heran jika dalam tempo satu minggu setelah peluncuran peta dengan lisensi navigasi berkendara dan pejalan kaki gratis itu, tercatat  1,4 juta kali lebih peta itu diunduh. “Rata-rata adalah satu unduh per detik, 24 jam sehari,” kata Anssi Vanjoki (Executive Vice President, Nokia).

“Ada keinginan yang besar dari konsumen untuk menggunakan navigasi langsung dari ponsel. Kami memperkirakan ada sekitar 25,9 juta orang di akhir tahun 2009,” kata Chris Jones, VP & Principal Analyst dari perusahaan riset Canalys.

Per tanggal 31 Januari 2010, lima negara teratas dengan jumlah unduh Ovi Maps versi baru adalah Cina, Italia, Inggris, Jerman, dan Spanyol. Lima perangkat Nokia paling populer yang digunakan adalah Nokia 5800 XpressMusic, Nokia N97 mini, Nokia N97, Nokia 5230 dan Nokia E72.

O ya, mulai bulan depan, semua ponsel pintar Nokia Anda yang berfitur GPS  juga akan dilengkapi dengan Ovi Maps terbaru yang ditanam langsung sesuai negara masing-masing. Tentu saja gratis!

Ovi Maps  mencakup navigasi kendaraan dan pejalan kaki untuk 74 negara, dalam 46 bahasa, dan informasi lalu lintas untuk lebih dari 10 negara. Ada lebih dari 6000 penanda lokasi 3 dimensi (3D Landmark) untuk 200 kota di seluruh dunia. Petunjuk Lonely Planet dan Michelin memiliki informasi untuk lebih dari 1000 tujuan perjalanan di seluruh dunia.

Ovi Maps adalah bagian penting dari strategi Nokia untuk menjadi pemimpin pasar dalam peta bergerak (mobile maps), navigasi dan layanan berbasis lokasi. Dengan memanfaatkan investasinya di perusahaan NAVTEQ, Nokia berhasil menghapus biaya lisensi navigasi untuk pengendara dan pejalan kaki.

Tanggapan Kamu

komentar