Format Baru yang Lebih Tinggi untuk Blu-Ray

blu_rayJAKARTA, RABU – Format baru dengan kapasitas yang lebih tinggi, dua kali  lebih besar dari sebelumnya, telah diumumkan oleh Asosiasi Disc Blu-ray (Blu-ray Disc Association – BDA). Spesifikasi BDXL ini ditujukan khususnya pada kalangan komersial seperti broadcasting, aplikasi medis dan pengarsipan imaji dokumen.

Spesifikasi BDXL menetapkan penyimpanan 128GB untuk disk write-once dan 100GB untuk disk yang bisa ditulisi ulang (rewritable).  Nantinya versi konsumer juga  dihadirkan.

Lebih besarnya kapasitas ini dimungkinkan dengan dipadukannya tiga sampai empat layer yang bisa direkam (recordable). Sebelumnya, hanya dua layer yang bisa direkam. Namun untuk ini ini dibutuhkan laser yang lebih kuat. Dampaknya, hardware yang beredar saat ini tidak akan kompatibel dengan format baru tersebut.

Yang juga baru adalah Intra-Hybrid Blu-ray Disc (IH-BD). Ini memadukan layer tunggal BD-ROM dan layer tunggal BD-RE, masing-masing dengan kapasitas simpan 25GB. Menurut BDA, ini memungkinkan pengguna melihat, tetapi tidak menimpa, data yang sudah ditulis sambil menyertakan data relevan di disc fisik yang sama.

Tanggapan Kamu

komentar