Pemerintah Korea Selatan Batasi Anak Sekolah Main Game Online

gameJAKARTA, RABU – Akses ke game online setelah jam 12 malam kini ditutup oleh pemerintah Korea Selatan. Langkah ini diambil untuk mengerem masalah akibat 40% mahasiswa di negara ginseng tersebut kecanduan main game video.

Menurut harian Korea Herald, menteri Olahraga, Pendidikan telah mengumumkan kebijakan itu kemarin. Dalam kebijakan tersebut, para pengguna yang masih duduk di sekolah dasar dan menengah harus memilih opsi Tengah Malam – 6 pagi, 1 – 7 pagi, atau 2 – 8 pagi di mana jaringan online negara tersebut akan otomatis memutuskan mereka dari sejumlah game online.

Game-game seperti Maple Story dan Dragon Nest, dan 17 game online role-playing lainnya termasuk dalam kebijakan ini, Padahal 79% pasar game online Korea Selatan terbangun dari ke-19 game itu.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang paling bermasalah dengan kecanduan game. Survei yang dilakukan melaporkan bahwa sekitar 30% siswa sekolah negeri memperlihatkan tanda-tanda kecanduan, dan 40% di antaranya adalah siswa lelaki.

Bulan lalu, Korea Selatan dikritik karena para orang tua di negara ini mengabaikan anak-anak bayinya gara-gara terlalu asyik main game online. Seorang bayi berusia tiga bulan meninggal akibat pengabaian seperti ini.

Tanggapan Kamu

komentar