Ongkos Produksi iPad 260 Dolar

appleipad3

JAKARTA, KAMIS – iPad adalah berita terhangat saat ini. Di mana-mana tablet besutan Apple ramai dibicarakan. Namun tahukah kamu berapa sebenarnya ongkos produksi iPad?

Analisis yang dilakukan oleh ISuppli Corp mendapatkan bahwa untuk memproduksi setiap tablet iPad, Apple mengeluarkan uang sekitar US$ 259,60. Menurut kantor berita Bloomberg, bahan untuk iPad terdiri dari displai layar-sentuh seharga US$ 95 dan prosesor rancangan Apple yang dibuat oleh Samsung Electronics dengan harga US$ 26,80.

“Analisis oleh ISuppli menunjukkan bahwa komponen-komponen dari yang harganya paling murah, iPad 16-gigabyte jumlahnya mencapai 52 persen dari harga ecerannya yang US$ 499,” tulis Arik Hesseldahl dari Bloomberg.

“Ini mirip produk Apple lainnya, termasuk iPhone 3GS. Versi 64-gigabyte dari iPad, yang diecerkan US$ 699, mengandung komponen-komponen yang  harganya US$ 348,10.”

Sementara itu analis utama ISuppli, Andrew Rassweiler mencatat bahwa biaya komponen terbesar iPad adalah untuk membuat perangkat itu menarik bagi calon penggunanya.

“Lebih dari 40 persen dari biaya produksi iPad adalah untuk membuat displai layar sentuh dan komponen-komponen antarmuka pengguna lainnya – apa yang kamu lihat dengan mata dan rasakan dengan jemarimu,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version