ITB Cetak Hat-trick di Imagine Cup

Tim Ganesh dari ITB berpose bersama Sutanto Hartono, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, dan Andi Mallarangeng, Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Tim Ganesh dari ITB berpose bersama Sutanto Hartono, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, dan Andi Mallarangeng, Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Sudah tiga tahun berurutan, tim dari ITB memenangi Imagine Cup Indonesia, sebuah kompetisi inovasi pembuatan software yang diselenggarakan Microsoft. Imagine Cup 2010 Indonesia, yang pemenangnya diumumkan Selasa (11/5) di Jakarta,  disabet oleh Ganesh yang membuat Mosaic, aplikasi untuk memerangi wabah flu dengan memberikan informasi yang tepat.

Aplikasi yang mereka buat merupakan aplikasi yang mendorong orang untuk berbagi informasi mengenai flu. Informasi berupa wabah flu, data rumah sakit, dokter, sampai layanan kesehatan itu dapat diakses oleh orang di seluruh dunia.

Tim Ganesh akan mewakili Indonesia pada Imagine Cup tingkat dunia yang akan berlangsung bulan depan di Polandia. Tahun lalu, tim Big Bang yang juga asal ITB menjuarai Imagine Cup tingkat dunia yang diselenggarakan di Mesir.

“Anak-anak Indonesia tidak kalah dengan anak-anak dari negara lain,” kata Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng yang menghadiri pengumuman pemenang Imagine Cup 2010 Indonesia. Menpora juga menjelaskan kalau tolak ukur yang digunakan oleh anak-anak Indonesia jangan lagi teman-teman sekampus, tapi dengan anak-anak di tingkat internasional. “Jangan puas jadi jagoan di UGM, UI, atau ITB. Tapi, jagoan di dunia. Kita ciptakan Bill Gates-Bill Gates Indonesia,” kata Menpora disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Finalis Imagine Cup 2010 Indonesia terdiri dari 4 tim. Satu tim dari UGM, sisanya dari ITB. Tim Wolfgang dari UGM menyabet juara ketiga, sedangkan juara kedua diraih oleh tim OddByte.

Tanggapan Kamu

komentar