1Mbps, Tawaran Terendah First Media Saat ini

dedy and raraJAKARTA, JUMAT – Sebagai pengguna Internet, tentu kita mengharapkan koneksi yang tidak hanya cepat tapi juga stabil. Maunya, biayanya tentu terjangkau di kocek. Plus nggak harus ribet dengan segala prosesnya.

Keinginan itu ternyata selaras dengan apa yang ditawarkan oleh First Media saat ini. Baru-baru ini penyedia jasa layanan Internet broadband itu telah mendongkrak layanan kecepatan FastNet-nya dua kali lipat. Jadi kalau kamu dulu memilih yang 512Kbps, kini kecepatan yang kamu nikmati itu akan menjadi 1Mbps. Dan 1Mbps ini menjadi tawaran paling rendah FastNet mulai hari ini (kecuali untuk FastNet Kids yang masih digelar di 512Kbps).

Enaknya, biaya langganannya tidak digandakan. “Customer yang ada, speed-nya digandakan secara gratis, tanpa perlu mendaftar,” tegas Dedy Handoko (Product Development & Marketing, PT First Media Tbk.) dalam acara “Double Your Speed with FastNet” di Jakarta (10/6/2010). “Ini baru pertama kali terjadi di (dunia) Internet,” tambahnya bangga.

Bagaimana dengan pelanggan paket 521Kbps yang ternyata juga merupakan porsi terbanyak di FastNet? “Semua akan dimigrasi, dan sekarang mereka sudah menikmati 1MBps,” kata Dedy.

Sementara itu mereka yang sudah berlangganan paket 768Kbps akan ditingkatkan menjadi FastNet Express dengan kecepatan mencapai 1,5Mbps.   “Untuk pelanggan baru, biaya bulanannya Rp 335 ribu, sudah termasuk gratis HomeCable Ultimate 3 bulan, biaya instalasi dan pinjaman modem selama langganan,” urai Dedy.

Lalu apakah penggandaan kecepatan ini berarti penggandaan biaya langganan? Tidak juga. “Harga tidak jauh dengan harga lama. Naiknya sekitar 20% – 30%,” kata Dedy.  Namun pelanggan di atas paket Express  punya dua pilihan. Jika mau upgrade ke kecepatan terbaru, ia dibebaskan dari  kewajiban menambah biaya selama masa percobaan tiga bulan. “Tapi kalau tidak mau, speed-nya akan diturunkan,” terang Dedy.

Yang enak adalah pelanggan baru. Mereka ditawari paket Trial Pack dengan kecepatan maksimal 1Mbps selama 3 bulan dengan tarif Rp 195 ribu per bulan.  Tak perlu sediakan apa-apa lagi, alias semuanya (termasuk modem) ditanggung First Media.

O ya, baru-baru ini FastNet telah menjadi  First Winner untuk kategori Fix Internet Services dalam ajang Word of Mouth Marketing Award 2010 dari onbee Marketing Research (Octovate Consulting Group) dan majalah SWA.

Saat ini, menurut Rara Wilis S. (Division Head Marketing Communications & Branding, PT First Media Tbk.),  FastNet dilanggan oleh 285 ribu pelanggan.  Layanan “terbaru” ini diharapkan tidak hanya membuat pelanggan yang ada loyal tapi juga menambah pelanggan baru. “Target jumlah pelanggan sampai akhir tahun  adalah 480 ribu,”  kata Rara.

Tanggapan Kamu

komentar