Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Printer Laser Paling Hemat Energi Sedunia

hp lj p1102rJAKARTA, RABU – Semua produsen printer laser selalu saja mengatakan produknya hemat energi, alias mengonsumsi sedikit energi saat idle atau dalam kondisi sleep (tidur). Kondisi sleep maksudnya printer tidak aktif tapi tetap menyala.  Tapi sebenarnya berapa sih konsumsi energi terendah dalam kondisi tersebut?

Kurang dari 1W, begitu menurut HP. Ini diperoleh pada printer laser terbaru HP, yakni seri LaserJet Pro 1102. “Konsumsi energinya 3x lebih rendah dari kondisi di sleep mode rata-rata printer laser,” kata Sim Yee Peng (LaserJet All-in-One Product Manager, IPG, Asia Pacific & Japan, HP Asia Pacific Pte. Ltd) saat memperkenalkan beberapa printer laser baru di Jakarta tadi pagi (9/6/2010).  “Ini paling hemat energi di dunia,” tambahnya bangga.

Penghematan ini dimungkinkan berkat teknologi terbaru HP, Auto on/Auto off (AOAO).   Teknologi ini memungkinkan pengguna menghidupkan dan mematikan printer secara otomatis.  Alhasil cetakan halaman pertama hitam-putih pun bisa keluar cepat, hanya 8,5 detik setelah tombol on ditekan.

Yang juga menyenangkan, pada printer dengan resolusi maksimal 600dpi dan baki input 150 lembar itu kita tidak perlu repot memasukkan driver dari CD saat memasang printer untuk pertama kalinya. Tinggal colok kabel USB 2.0 ke port komputer, dan otomatis driver printer akan dipasangkan. Waktunya pun singkat.  Saat demo, waktu instalasi tercatat 1 menit 13 detik. “Tapi ini juga tergantung spesifikasi komputer,” kata Yee Peng.

Yang juga perlu diperhatikan, fitur Smart Install tersebut hanya berlaku di lingkungan Windows.  Mac dan Linux tetap membutuhkan instalasi driver dari CD yang disertakan. Untuk Windows pun, hanya berlaku untuk Windows XP ke atas. Windows 98 tidak bisa.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

8 thoughts on “Printer Laser Paling Hemat Energi Sedunia

  • mari konsumen juga mendukung komitmen produsen IT seperti HP ini, sebab saya melihat kepedulian terhadap isu green selama ini hanya di mulut saja. Semoga harganya terjangkau sehingga konsumen mau mengganti printer boros energinya dengan printer hemat energi seperti ini.

    usul untuk HP, mengapa tidak menyediakan program penukaran printer apa saja untuk diberikan harga khusus jika ditukarbelikan dengan produk ini? soalnya kalau kita beli baru yang lama tetap dipakai sama saja bohong bukan? konsumsi daya malah akan bertambah.

  • sukses buat HP,tapi knapa pada printer HPO pemasangan sistem tinita infus masih bermasalah tidak seperti pada merk laion.tolong di jawab mas

  • rifky-rasty

    itu karna saluran kluar tinta tidak lancar jadi kadang-kadang tinta sulit kluarnya

  • kalo printer hp d2566 punya ku gmn??? bagus gag kwalitasnya????
    kadang2 suka nyangkut kertasnya…. jadinya… cartridge gag mw gerak,,, alias ngadat…gmn ya solusinya??
    terus mw tanya jga gmn tips bwt ngerawat pprinter yang kayak punyaku…
    n gmn caranya ngebersihin dalemnya ..biar awet??? thankz…
    blz emailku ya… makasih ..
    salam IT… jaya IT indonesia…

  • Eka Santhika

    coba lakukan roller cleaning untuk membersihka roller kertas di printer kamu

  • apakah ini support untuk print kalkir mas? dan hassilnya apa benar2 hitam? krn sy dr perceakan.terima kasih

  • Yantikcom

    sy sampai skrg masih terus mencari laserprint baru yg resolusi sangat rendah 300 dpi
    maklum karena saya dari percetakan/sistem sablon, ada yg bisa merekomen kan ga ya merk sama typenya berapa, sykur spek lengkapnya n harganya, tksh

Komentar kamu