Printer Laser Paling Hemat Energi Sedunia

hp lj p1102rJAKARTA, RABU – Semua produsen printer laser selalu saja mengatakan produknya hemat energi, alias mengonsumsi sedikit energi saat idle atau dalam kondisi sleep (tidur). Kondisi sleep maksudnya printer tidak aktif tapi tetap menyala.  Tapi sebenarnya berapa sih konsumsi energi terendah dalam kondisi tersebut?

Kurang dari 1W, begitu menurut HP. Ini diperoleh pada printer laser terbaru HP, yakni seri LaserJet Pro 1102. “Konsumsi energinya 3x lebih rendah dari kondisi di sleep mode rata-rata printer laser,” kata Sim Yee Peng (LaserJet All-in-One Product Manager, IPG, Asia Pacific & Japan, HP Asia Pacific Pte. Ltd) saat memperkenalkan beberapa printer laser baru di Jakarta tadi pagi (9/6/2010).  “Ini paling hemat energi di dunia,” tambahnya bangga.

Penghematan ini dimungkinkan berkat teknologi terbaru HP, Auto on/Auto off (AOAO).   Teknologi ini memungkinkan pengguna menghidupkan dan mematikan printer secara otomatis.  Alhasil cetakan halaman pertama hitam-putih pun bisa keluar cepat, hanya 8,5 detik setelah tombol on ditekan.

Yang juga menyenangkan, pada printer dengan resolusi maksimal 600dpi dan baki input 150 lembar itu kita tidak perlu repot memasukkan driver dari CD saat memasang printer untuk pertama kalinya. Tinggal colok kabel USB 2.0 ke port komputer, dan otomatis driver printer akan dipasangkan. Waktunya pun singkat.  Saat demo, waktu instalasi tercatat 1 menit 13 detik. “Tapi ini juga tergantung spesifikasi komputer,” kata Yee Peng.

Yang juga perlu diperhatikan, fitur Smart Install tersebut hanya berlaku di lingkungan Windows.  Mac dan Linux tetap membutuhkan instalasi driver dari CD yang disertakan. Untuk Windows pun, hanya berlaku untuk Windows XP ke atas. Windows 98 tidak bisa.

Tanggapan Kamu

komentar