Storage Dell tanpa Biaya Tersembunyi

equallogic1

JAKARTA, KAMIS – Semua pengguna komputer pasti memerlukan storage, apa pun itu bentuknya.  Di era Internet apalagi, bahkan ada peluang baru berupa storage online. Namun ironisnya, beberapa perusahaan yang terkenal akan produk storage-nya justru dicaplok oleh raksasa-raksasa TI yang awalnya tidak bergelut di bidang storage.

Di antara perusahaan storage yang ada, mungkin belum banyak konsumen awam yang mengenal nama Dell.  Maklum storage Dell lebih ditujukan ke kalangan perusahaan, bukan perorangan.  Tawaran storage Dell  mulai dari SAN (storage attached network), SCSI sampai FC (fiber channel). Yang paling baru adalah EqualLogic PS Series.

“Ini menawarkan rancangan proteksi data 5-tier. Dan secara kinerja lebih baik dibandingkan FC. Untuk instalasi bisa 4x – 5x lebih cepat dibandingkan milik saingan,” kata Wisnu Gunarso (Storage Business Development Manager, Dell Global B.V. (Indonesia Branch)).

Salah satu keunggulan EqualLogic, tambah Pieter Lydian (Director & Country Manager, Dell Indonesia), terletak pada tidak adanya biaya yang tersembunyi (hidden cost). “Hidden cost bisa 2x – 3x harga mesinnya sendiri. Di Dell tidak ada, semua fitur sudah diberikan tanpa biaya tambahan. Controller sudah termasuk, begitu pula disk dan OS. Tidak ada biaya untuk lisensi tambahan atau service charge,” paparnya.

Seri terbaru EqualLogic ini, kata Wisnu, sudah mengemaskan 10 Gigabit Ethernet.  Seperti storage lainnya, salah satu fitur EqualLogic adalah bisa virtualisasi. “Tapi ini paling sederhana, pakai Ethernet switch, bukan FC switch sehingga bisa menggunakan switch yang sudah ada. Juga bisa thin provisioning, auto storage pools dan tiering. Kami bermitra dengan VMware,” tutur Wisnu.

“Juga bisa Disaster Recovery dan Automation. Ini fitur yang banyak dicari klien sekarang,” kata Wisnu. Ke depannya, menurut Wisnu, EqualLogic juga akan menawarkan replikasi yang lebih tersinkronisasi dan akan difungsikan sebagai NAS. Fitur ini tercakup dalam produk. Tinggal lakukan update yang gratis.”

Tanggapan Kamu

komentar