Android Pun Kini Terancam Trojan

Telah ditemukan program jahat yang menyasar Android. Program jahat yang diidentifikasi Kapersky Lab sebagai Trojan-SMS ini menginfeksi sistem operasi Google tersebut menyamar sebagai program aplikasi media player yang tampak tidak berbahaya. Apalagi, program jahat ini memiliki ekstensi standar Android, .APK, sehingga membuatnya kian sulit untuk kita deteksi.
Program jahat yang bernama Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer ini, sekali menginfeksi Amdroid kamu, ia akan mengirimkan SMS ke nomor premium secara otomatis. Program ini tentu tak akan permisi dulu ketika menyedot pulsa untuk SMS premium itu. Selain mengirimkan SMS otomatis, program jahat ini pun bisa mencuri data pribadi kamu, untuk mentransfer sejumlah uang dari akunmu k akun si penjahat.Program jahat berukuran 13MB ini merupakan program jahat pertama yang mengincar Android secara spesifik, seperti diungkap Kapersky Lab dalam rilisnya.
Selain itu, kategori Trojan-SMS ini merupakan malware yang populer menginfeksi ponsel saat ini. Pada 2009, tercatat pernah ada kasus isolasi pada perangkat Android yang terinfeksi spyware. Untuk itu, Kapersky Lab menyarankan agar kamu memperhatikan berbagai perintaan yang muncul saat melakkan instalasi. Terutama jika meminta akses ke layanan premium yang dikenakan biaya untuk mengirimkan SMS dan melakukan panggilan. Bila kamu setuju dengan fungsi-fungsi tersebut selama proses instalasi, maka smartphone kamu bebas melakukan panggilan dan mengirimkan SMS tanpa persetujuanmu.
Angka penjualan perangkat Android yang fantastis seperti diberitakan PCplus beberapa waktu lalu, diperkirakan para peneliti Kapersky Lab turut memngaruhi kemunculan program-program jahat yang menyasar platfor itu. “Riset pasar IT dan organisasi analisis IDC mencatat bahwa penjualan pada perangkat Android mengalami pertumbuhan penjualan tertinggi diantara produsen smartphone. Sebagai hasilnya, kami melihat kenaikan dalam jumlah malware yang menargetkan platform tersebut,” ujar Denis Maslennikov, Mobile Research Group Manager at Kaspersky Lab.
Kian etrancamnya pengguna mobile oleh berbagai program jahat itu pulalah yang mendorong Kapersky untuk meluncurkan perangkat lunak keamanan untuk perangkat brgerak. “Kaspersky Lab secara aktif mengembangkan teknologi dan solusi untuk melindungi sistem operasi ini dan berencana untuk merilis Kaspersky Mobile Security untuk Android di awal tahun 2011.”

android-sadTelah ditemukan, program jahat yang menyasar Android. Program jahat, yang diidentifikasi Kapersky Lab sebagai Trojan-SMS ini, menginfeksi sistem operasi Google tersebut dengan cara menyamar sebagai program aplikasi media player yang tampak tidak berbahaya. Apalagi, program jahat ini memiliki ekstensi standar Android, .APK, sehingga membuatnya kian sulit untuk dideteksi.

Sekali menginfeksi Android, program jahat yang bernama Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer ini akan mengirimkan SMS ke nomor premium secara otomatis. Tentu ia tak akan permisi dulu ketika menyedot pulsa untuk SMS premium itu. Selain mengirimkan SMS otomatis, program jahat ini pun bisa mencuri data pribadi untuk membujuk agar kamu mentransfer sejumlah uang ke akun si penjahat.

Program jahat berukuran 13MB ini merupakan program jahat pertama yang mengincar Android secara spesifik, seperti diungkap Kapersky Lab dalam rilisnya.

Kategori Trojan-SMS  merupakan malware yang populer menginfeksi ponsel saat ini. Pada 2009, tercatat pernah ada kasus isolasi pada perangkat Android yang terinfeksi spyware.  Kapersky Lab menyarankan agar kamu memperhatikan berbagai permintaan yang muncul saat melakukan instalasi terutama jika meminta akses ke layanan premium.

Angka penjualan perangkat Android yang fantastis seperti diberitakan PCplus beberapa waktu lalu, diperkirakan para peneliti Kapersky Lab turut memengaruhi kemunculan program-program jahat yang menyasar platform itu. “Riset pasar IT dan organisasi analisis IDC mencatat bahwa penjualan pada perangkat Android mengalami pertumbuhan penjualan tertinggi diantara produsen smartphone. Sebagai hasilnya, kami melihat kenaikan dalam jumlah malware yang menargetkan platform tersebut,” ujar Denis Maslennikov, Mobile Research Group Manager at Kaspersky Lab.

Kian terancamnya pengguna mobile oleh berbagai program jahat itu pulalah yang mendorong Kapersky untuk meluncurkan perangkat lunak keamanan untuk perangkat bergerak. “Kaspersky Lab secara aktif mengembangkan teknologi dan solusi untuk melindungi sistem operasi ini dan berencana untuk merilis Kaspersky Mobile Security untuk Android di awal tahun 2011.”

Tanggapan Kamu

komentar