Beyonce, Brad Pitt Tabrakan? Bohong Tuh!

beyonceJAKARTA, JUMAT – Makin hari aksi spammer makin ganas saja. Untuk membujuk penerima  e-mail ‘sampah’ membacanya, spammer dengan cerdiknya menggunakan subyek yang menarik.

Contohnya:  Beyonce Knowles Fatal Car Crash,  Brad Pitt Fatal Car Crash,  Johnny Depp died,   Madonna Fatal Car Crash, Oprah Winfrey Fatal Car Crash dan Tiger Woods died. Bahkan ada pesan yang menyatakan bahwa artis  tersebut meninggal bersama dengan 34 orang lainnya saat pesawat yang membawa grup tersebut dalam perjalanan menabrak sebuah gunung saat mendekati airport.

Nah kamu pasti jadi penasaran dengan berita dan subyek tersebut kan, apalagi kalau tokoh tersebut idola kamu.  Mungkin kamu lalu tergesa-gesa membuka lampiran yang disertakan, padahal di dalamnya ada malware Trojan.Zbot. yang akan mencuri informasi rahasia dari komputer yang diinfeksi.

Aslinya, Trojan.Zbot menyasar sistem informasi, kredensial online, dan rincian informasi perbankan. Tapi ia bisa dikostumisasi oleh penjahat untuk mengumpulkan informasi apa pun dalam komputer yang diinfeksi.

Menurut Norton, file jenis “.zip spam attachement” ini meningkat lebih dari 2x beberapa minggu ini. Jadi – seperti kata pembaca acara di salah satu TV swasta – waspadalah, waspadalah!

Jangan lupa terapkan tips Norton berikut;

–        Instal penyaring spam/blocking software yang dapat memisahkan spam dari pesan yang asli.

–      Jangan jawab e-mail yang mencurigakan, tapi hapus saja. Jangan klik link di dalam email yang menanyakan akan menghapus Anda dari daftar sipengirim. Adakalanya  link unsubscribe tidak berpengaruh, dan respon apa pun hanya akan mengonfirmasi alamat e-mail kamu dan mungkin mengakibatkan lebih banyak lagi e-mail yang tidak diharapkan.

–    Bikin alamat e-mail sekali-pakai (disposable) untuk penggunaan publik/umum, seperti registrasi online dan situs e-commerce. Buat alamat email kedua untuk mem-forward email-email  ke akun e-mail utama kamu.

Tanggapan Kamu

komentar