Kreatif Untuk Sukses Berbisnis

creativity

Kreativitas adalah unsur utama yang perlu dimiliki seorang pemimpin perusahaan. Kompetensi ini dibutuhkan jika perusahaan ingin bertahan dan sukses di masa yang akan datang. Hal ini disampaikan Widita Sardjono, Associate Partner, IBM Global Business Services.

IBM mengadakan studi kepada 1500 CEO dari 60 negara dan 33 industri di seluruh dunia. Hasilnya, para CEO meyakini bahwa kreativitas menajdi unsure utama kesuksesan perusahaan di masa datang. Selain mesti harus ditunjang pula oleh ilmu manajemen, integrias, dan visi yang kuat. Kompetensi ini telah teruji menghadapi berbagai kerumitan krisis ekonomi yang terus membaik saat ini.

Kreativitas ini diutuhkan untuk menghadapi tantangan peningkatan kompleksitas bisnis, cepatnya perubahan, serta meningkatnya kompleksitas. Cepatnya perubahan juga memerlukan tanggapan yang cepat.

Inisiatif untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan pun menjadi penting. Pendekatan ini akan dilakukan dengan berbagai sarana untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Lewat cara ini kemungkinan akan terjadi ledakan informasi. Namun, itu dipandang sebagai peluang, bukan ancaman. Selain dengan pelanggan, perlu juga kreativitas dalam memupuk hubungan dengan mitra dan karyawan.

Bergesernya pasar-pasar ke Negara berkembang juga menimbulkan tantangan baru. Kurangnya SDM yang mumpunilah yang menjadi kendala, padahal bisnis terus bergerak cepat di kawasan ini.

Tanggapan Kamu

komentar