Selama September, “BH” Tersebar Luas

kasperskyJAKARTA, KAMIS – Jangan buru-buru berpikiran negatif dulu saat membaca judul di atas. “BH” yang dimaksud adalah julukan bagi varian terbaru virus Sality. Pendatang baru tersebut, Sality.bh, sudah langsung bertengger di peringkat 11 dalam statistik malware bulanan bulan September yang dilakukan oleh Kaspersky Lab.

Sality.bh menyebar dengan bantuan Trojan-Dropper.Win32.Sality.cx yang memanfaatkan celah dalam file Windows LNK. Ini, tulis Kaspersky dalam rilis persnya, merupakan kerentanan zero-day yang pertama kali terdeteksi digunakan oleh worm Stuxnet yang sedang populer.

Kerentanan yang sama dimanfaatkan oleh Trojan-Dropper.Win32.Sality.r kembali di bulan Agustus. Distribusi geografis dari dropper menyamai worm Stuxnet, keduanya muncul paling banyak di India, diikuti oleh Vietnam dan Rusia.

“Liputan media yang luas mengenai Stuxnet, hanya berperan sebagai iklan bagi kerentanan yang digunakan oleh berbagai kelompok penjahat dunia maya,” komentar Vyacheslav Zakorzhevsky, Senior Virus Analyst dan penulis dari review ini.

Kalau mau tahu peringkat malware bulan September secara lebih detail, datangi saja www.securelist.com.

Tanggapan Kamu

komentar