Diminati Konsumen, Canon Mau Pertahankan Pangsa Pasar

JAKARTA, KAMIS – Makin hari, kamera digital makin banyak dipakai. Tentu saja ini berarti pasarnya juga meningkat. Dari sekian merek yang beredar, Canon kian mencuat. Tahun ini, Canon menyatakan diri kembali memimpin pasar di tanah air dan juga dunia.

Tahun ini, Canon di Indonesia membidik pangsa pasar 28% dari total pasar kamera saku digital yang berjumlah 1 juta unit. Sedangkan untuk kamera DSLR, Canon mengincar angka penjualan 85 ribu unit dari total pasar yang berjumlah 115 ribu unit.

Lalu bagaimana kondisi tahun 2011? Ternyata distributor Canon, yakni Datascrip, tidak menargetkan kenaikan pangsa pasarnya. Penguasaan pasar tetap dipatok di 28% untuk kamera saku digital. Namun angka prediksi penjualannya meningkat menjadi 310 ribu unit dengan total pasar yang diperkirakan berjumlah 1,1 juta unit. Sementara untuk kamera DSLR, target penjualan dipatok di angka 120 ribu unit, alias 73% dari total pasar.

Bisakah itu tercapai? Bisa saja. Yang jelas selama tahun 2010, Canon telah menuai beberapa penghargaan dari berbagai lembaga independen. Penghargaan itu terdiri dari TOP Brand Award, Digital Marketing Award, Indonesia’s Most Favorite NETIZEN Brand 2010, Electronic City Awards 2010, Merek BEKEN Pembaca PCplus 2010, dan Indonesia Most Favorable Brand in Social Media.

Tanggapan Kamu

komentar