Yang Anyar di Pasar, Lumix DMC-GF2

Panasonic meluncurkan kamera sistem generasi terbarunya, Panasonic Lumix DMC-GF2. Kamera ini dikemas kian ringkas, ringan, dan gaya. Menawarkan kemampuan foto sekelas DSLR, namun dalam bentuk yang lebih kompak.

Kamera sistem adalah istilah yang diperkenalkan Panasonic untuk menyebut kamera dengan teknologi mirror-less. Sebab, kamera yang kemampuannya setara DSLR ini tak lagi mengunakan cermin pantul seperti pada kamera SLR. Konsekuensinya, kamera in tak lagi memiliki jendala intip (viewfinder), bodi kamera bisa lebih ringan dan ramping. Sebagai ganti dari cermin pantul itu, disisipkanlah CCD (charge-coupled device) untuk menangkap gambar.

Viewfinder pun tak diperlukan lagi. Sebab dari CCD, gambar bisa diteruskan ke layar LCD kamera.

Panjang lensa kamera juga dipangkas  dengan menggunakan teknologi lensa micro-four-third. Kini, Lumix menawarkan lensa HD dan 3D. Lumix menawarkan resolusi hingga  full -HD 1980×1080. Sehingga kamu bisa merekam gambar dan video 3D menggunakan kamera ini. Dua lensa ini tersedia opsional.

Urusan gambar, Panasonic Lumix memiliki teknologi sendiri yang bisa membuat hasil jepretan kamu lebih ciamik. Diantaranya, iR (intelegent resolution) yang bisa menampilkan gambar lebih tajam dan tekstur yang lebih cermat. Teknologi OIS untuk mengurangi gambar yang kabur karena getaran tangan. Nilai tambah yang oke dari Lumis GF2 ini adalah tersedianya flash internal untuk membantu pencahayaan.

GF2 yang ditempeli Garskin, menjadikan kamera ini lebih personal

Lumix GF2 memberikan tawaran kamera gaya yang cukup menarik. Pertama, berat dan ukuran kamera sistem yang beresolusi 12,1 megapixel ini sedikit susut dari pendahulunya, GF1.  Kedua, Lumix GF2 juga hadir dengan empat warna menarik yang bisa kamu pilih, putih, hitam, silver, dan pink. Ketiga, agar lebih personal, nantinya Panasonik akan bekerjasama dengan Garskin, sehingga bodi kamera kamu bisa berganti-ganti kulit. Garskin dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pelapis barang elektronik dengan corak dan motif tertentu.

Selain itu, Lumix berusaha memberi layanan lebih dengan menyertakan mount adaptor. Dengan mount adaptor, kamu bisa menyesuaikan lensa apapun untuk kamera ini, seperti diakui Network Product Manager, Panasonic Gobel Indonesia, Dharmaparayana Sthirabudhi.

Soal lensa 3D, Dharma menjelaskan bahwa hasil tangkapan lensa ini akan disimpan dlam dua format. Pertama format jpeg untuk dilihat di LCD kamera dan PC. Kedua, file format khusus 3D. Menggunakan format ini, gambar dan video 3D kamu bisa langsung dimainkan di layar televisi 3D. Untuk televisi berteknologi Viera, file yang direkam bisa langsung dimainkan. Sementara untuk tv 3D merek lainnyafile perlu ditransfer menggunakan bluray atau kabel HDMI, terang Dharma.

Dharma melanjutkan, kamera ini baru akan ada di pasar pada minggu ketiga Januari. Dipasarkan dalam tiga paket, pertama dengan lensa pancake. Paket kedua dengan lensa 42mm. Ketiga, paket lensa 14 mm dan 14-42mm. Kisaran harganya 7.199.000 hingga 8.990.000.

Tanggapan Kamu

komentar