Android Market Buka Website, Rawan Disusupi Malware

Android sudah buka website untuk Android marketnya loh, namanya Android Market Webstore. Jadi kamu punya pilihan berbelanja aplikasi Android lewat peramban kamu, selain lewat perangkat mobile. Tapi, peneliti keamanan di Sophos, lembaga peneliti keamanan, memperingatkan bahwa ada bahaya malware dibalik kemudahan ini. Jangan sampai pencurian data pribadijutaan pengguna iTunes kembali terjadi bagi pengguna Android, terang para peneliti Sophos.

Asyiknya, lewat Webstore ini kamu bisa langsung memilih aplikasi yang ingin kamu install dan aplikasi pun langsung diunduh ke perangkat kamu, setelah kamu sign in tentunya. Praktis banget ya?

“Tidak perlu kabel, tidak perlu sinkronisasi dengan komputer. Tak perlu satupun kerja tak masuk akal itu. Semuanya telah terhubung,” ujar Engineering Director Android, Chris Yerga, seperti dikutip TechCrunch.

Tapi ternyata cara berbagi aplikasi over-the-air semacam ini, dituding para peneliti keamanan di Sophos, mengundang bahaya bagi pemakai. Sebab, ketika pengunduhan dilakukan, pengguna tidak diberi peringatan apakah akan menerima file yang diunduh ke perangkatnya atau tidak. Sehingga, cara semacam ini sangat rentan disusupi oleh malware dan spyware.

Kekhawatiran lain yang muncul adalah soal pencurian identitas. Sebab, menurut salah satu peneliti keamana di Sophos, Vanja Svajcer, pihak ketiga bisa menyergap password kamu. Hal serupa sudah dialami pengguna iTunes. Hanya saja, Apple menangani para pencuri akun ini dengan memberikan pengamanan lebih ketika satu akun digunakan lewat perangkat lain.

“Hasilnya, password Google tiba-tiba jadi lebih berharga untuk di serang, dan saya tidak akan terkejut jika terjadi serangan phising yang lebih besar terhadap Gmail,” terang Svajcer.

Aplikasi yang disusupi malware ini bisa mengakses informasi telepon, mengumpulkan informasi sensitive dari ponsel kamu, lalu mengunggahnya ke server asing tanpa kamu tahu bahwa ponsel kamu telah terinstal aplikasi tersebut. Google memang belum bereaksi apapun soal ini. Tapi demi keamanan, Svajcer merekomendasikan bagi pengguna Android untuk menggunakan password yang kuat.

Lainnya dari Webmarket ini adalah kemudahan berbagi aplikasi lewat Twitter. Tombol share via Twitter tersedia dibagian kanan halaman web. Filter ketika kamu mau mencari aplikasi juga diperbaiki di versi web ini.

Tanggapan Kamu

komentar