EG Touch, Si Pintar yang Setia

JAKARTA, SENIN – Seperti apa sih rasanya punya teman yang setia? Selalu ada saat dibutuhkan, tidak mudah ngambek, pintar pula. Kalau pacar, pasti sudah jadi calon yang tepat buat teman hidup.

Tapi teman yang ini tentu saja bukan manusia yang bisa kamu jadikan pacar, meskipun bisa diajak kencan dalam waktu yang lama. Namanya EG Touch, sebuah tablet PC berbasis sistem operasi Android Éclair (2.1) yang baru saja diperkenalkan  EG Memory, perusahaan asal Hongkong yan terkenal dengan produk teknologi informasinya.  Sekilas, bentuk badannya tidak jauh berbeda dengan tablet PC lain yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Tapi kalau dilihat belakangnya, EG Touch terlihat lebih cantik karena menggunakan bahan lapis plastik berwana putih susu berkilap. Layar 7 inci-nya yang berjenis kapasitif juga terasa responsif ketika diajak bernavigasi menelurusi program dan fitur Android Éclair-nya.

Apa sih sebenarnya yang membuat navigasi di EG Touch begitu nyaman selain layarnya yang responsif? Jawabannya  prosesor Rockchip 2818 berkecepatan 1GHz yang bercokol di dalamnya. Untuk menyokong kinerja yang apik, prosesor ini juga disandingkan dengan memori sistem 256MB dan ketersediaan memori penyimpan data internal sebesar 8GB. Kalau merasa ruang 8GB tadi masih kurang lega, sematkan saja kartu tambahan ke slot Micro SD-nya. Kapasitas tertinggi yang bisa didukung piranti ini mencapai 32GB, cukuplah untuk menyimpan ragam aplikasi, file multimedia, atau data lain terkait pekerjaan.

Ini yang unik. Meskipun punya performa jempolan, tapi EG Touch bisa menemani penggunanya 4 sampai 5 jam non stop. Menurut Bobby Irvan (Marketing Manager PT. Datascrip) hal tersebut bisa dilakukan karena beberapa fasilitas di EG Touch sengaja didesain agar tidak menguras baterai. Fasilitas koneksi 3G misalnya. Di EG Touch, modem 3G sengaja tidak dibenamkan di dalam tablet melainkan menggunakan modem 3G USB yang langsung ditancapkan di sisi perangkat.  “Fasilitas 3G memang sengaja dikeluarkan dari badan perangkat, supaya sistem tidak terbebani dengan fitur yang orang tidak pakai. Ini belajar dari kebanyakan pengguna yang sering menghidupkan koneksi padahal tidak dipakai. Contohnya WIFI di notebook yang sering hidup padahal tidak terpakai,” kata Bobby.

Selain 3G, EG Touch juga bisa terhubung ke internet melalui jalur WIFI sebagai alternatif koneksi internet, sehingga pas dipakai menemani beselancar di internet saat dekat dengan WIFI hot spot. Selain lebih cepat dalam hal bandwidth, menggunakan WIFI saat terkoneksi lebih hemat daya dibanding menggunakan fasilitas 3G terus menerus. Fitur mobile TV di EG touch, lengkap dengan kualitas suara yang apik, juga tersedia untuk yang suka melihat acara TV internet sambil bersantai.

Kalau berminat, si cantik berukuran 192 x 115 x 14,5 dengan bobot 429 gram ini dipasarkaran dengan harga 3,2 juta rupiah. Oleh Datascrip, distributor EG Touch di Indonesia, penjualan perangkat tablet ini sudah dipaket dengan modem HSDPA 3G USB untuk menghubungkan EG Touch ke jaringan internet seluler.

Tanggapan Kamu

komentar