Siap-siap, Android Kamu Bakal Jadi Dompet Elektronik

´╗┐Google bekerjasama dengan Citigroup dan Mastercard buat menggelar sistem berbayar menggunakan ponsel atau dikenal dengan mobile payment. Jika konsep mobile payment ini sudah matang, ponsel Android kamu bakal jadi dompet elektronik. Menggunakan teknologi NFC (near field communication), kamu tinggal mengibaskan ponsel kamu di mesin pembaca elektronik yang

akan mengesahkan transaksi yang tengah berlangsung.

Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mengaktifkan sebuah aplikasi. Selain mengaktifkan layanan, apliaksi ini juga bisa digunakan untuk mengatur penggunaan kartu kredit dan melacak pengeluaran kita. Sayangnya, saat ini

baru pengguna debit dan kredit CitiGroup yang bisa menikmati layanan ini. Ponsel yang bisa mengaktifkan layanan ini juga baru Nexus S. Sistem operasi terbaru Android, Gingerbread, yang telah mendukung chip NFS yang dibenamkan dalam perangkat.

Bagi peritel yang mau bekerjasama, Google menawarkan data mengenai pelanggan yang menggunakan layanan mobile payment ini. Data ini dapat membantu peritel menargetkan iklan dan diskon yang tepat dengan keinginan pengguna Android yang berada di sekitar toko. Sementara, Google sendiri tidak memotong biaya dari transaksi yang dilakukan di peritel tersebut.

Selain Google, Apple juga diisukan akan bermain di lapangan mobile payment. Namun, mereka mengkhawatirkan ketiadaan standarisasi di pasar. Sebelumnya, teknologi NFC sudah pernah diterapkan beberapa waktu lalu di Jepang.sayangnya, waktu itu teknologi ini didapati masih sulit diimplementasikan sebab perlunya standarisasi reader NFC dan chip radio nirkabel yang tertanam di ponsel.

 

Tanggapan Kamu

komentar