Yuk, Coba Internet Explorer 9

JAKARTA, KAMIS – Kalau kebetulan sedang menggunakan sistem operasi Windows 7, coba deh beselancar dengan Internet Explorer 9 (IE9). Ada banyak penambahan fitur baru yang pastinya bisa menambah pengalaman berinternet.

Update versi terkininya baru saja resmi diluncurkan Microsoft secara global pada 15 Maret kemarin. Ada 250 situs besar terlibat dalam peluncuran versi anyar ini dan memanfaatkan fitur-fitur IE9 supaya terlihat lebih optimal dan cantik. Situs Pandora Internet Radio misalnya, ia khusus membuat fasilitas JumpList dinamis untuk IE9 sehingga pengguna bisa dengan cepat mengakses stasium Pandora melalui task bar IE9.

Tidak cuma situs luar yang digandeng Microsoft. Ada 4 situs lokal yang juga jadi mitra IE9, mereka adalah Kompas Online dari Kelompok Kompas Gramedia, Okezone dari Kelompok MNC, Detik.com dan Plasa.com.

Mendongkrak kecepatan

Di IE9 Microsoft sepertinya tidak mau kecolongan dalam hal kecepatan. Engine browser baru ini dikatakan sudah memanfaatkan kekuatan hardware PC untuk meningkatkan kinerja browsing. Microsoft juga mengklaim bahwa IE9 sebagai satu-satunya browser yang memiliki akselerasi penuh untuk HTML5 dengan mengopotimalkan kekuatan prosesor grafis baik yang diproduksi AMD maupun nVidia.

Selain itu, pengembang aplikasi  juga mulai bisa mengembangkan situs web yang lebih cepat dan lebih menarik seperti halnya pada aplikasi-aplikasi yang menggunakan interoperabilitas HTML5 atau menggunakan Adobe Flash Player dan Microsoft Silverlight. Keduanya otomatis akan memanfaatkan akselerasi hardware dalam Internet Explorer 9 sesuai dengan versi yang berikutnya.

Lebih aman

Tidak cuma lebih cepat, IE9 juga didesain agar bisa mengamankan transaksi data penggunanya. Teknologi Tracking Protection yang diperkenalkan Microsoft Desember lalu merupakan salah satu fitur keamanan yang diandalkan di IE9. Fitur ini bisa membatu pengguna mengelola data yang mereka kirim ke internet. Pengguna bisa melakukannya dengan menambahkan Tracking Protection Lists pada Internet Explorer 9, dan PrivacyChoice, TRUSTe, Abine dan Adblock Plus menginformasikan daftar tersebut.

Ada lagi teknologi SmartScreen yang diintegrasikan dengan download manager milik IE9. SmartScreen mampu menginformasikan mana file download aman dan mana yang bermasalah menggunakan sistem reputasi. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui sekaligus menghindari file berbahaya sebelum menyimpannya ke harddisk.

Tanggapan Kamu

komentar