Android Ice Cream Sandwich Gabung Tablet & Smartphone

SAN FRANCISCO, RABU – Teka-teki tentang versi selanjutnya dari sistem operasi Android terjawab sudah. Dalam konferensi  Google I/O di SanFrancisco, Amerika, Google menyatakan bahwa Android versi selanjutnya yang diberi nama Ice Cream Sandwich bakal memiliki kemampuan berjalan di platform tablet dan smartphone sekaligus.

Sebelumnya, banyak rumor beredar yang mengatakan bahwa Ice Cream Sandwich bakal kembali ke platform smartphone. Sementara informasi lain mengatakan bahwa Google akan meninggalkan smartphone dan berkonsentrasi di ranah tablet PC.

Seperti dikutip dari arstechnica.com, Ice Cream Sandwich nantinya hanya akan memiliki antarmuka pengguna (user interface) tunggal untuk bisa berjalan di smartphone dan tablet. Pengembang aplikasi pun tidak lagi dipusingkan dengan perbedaan kedua platform tadi, karena satu aplikasi yang mereka buat akan berjalan mulus di smartphone dan tablet.

Kabar menggembirakan juga datang dari Google. Jika pada Android Honeycomb Google bersikeras untuk tidak “memajang” kode sumbernya, hal tersebut tidak berlaku di Ice Cream Sandwich. Google berjanji akan membuat versi ini kembali open source, termasuk mengumbar API  (Application Programming Interface) untuk pengenalan wajah dan fitur baru lain. Dengan demikian pengembang bisa bebas membuat aplikasi untuk semua platform dengan versi sistem operasi yang sama. Tidak cuma itu, Google pun siap menambahkan banyak antarmuka untuk mengakomodir semua jenis perangkat dengan beragam ukuran.

Tanggapan Kamu

komentar