Hardiknas, Guru SD Ikut Pelatihan Komputer

JAKARTA, SELASA – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, IBM bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara, Pemda DKI dan Kementrian Pendidikan Nasional mengadakan pelatihan pengenalan komputer dan teknologi kepada 1000 guru sekolah dasar dari 500 SD di Jakarta. Pelatihan selama dua hari ini dilakukan agar guru-guru sekolah umum tak kalah akrab dengan teknologi modern yang sudah jadi santapan sehari-hari murid-murid mereka.

Melalui program pelatihan ini, Kementrian Pendidikan Nasional juga menyisipkana agendanya untuk mendigitalisasikan data murid sekolah dasar. Sehingga, para guru juga diberikan modul  sistem informasi sekolah dasar, seperti diungkap Christy Pattipeiluhu, Public Relation IBM Indonesia.

Dalam program ini, IBM menyediakan materi pelatihan dasar pengenalan komputer, sistem internet, serta IBM Lotus Symphony. IBM Lotus Symphony adalah perangkat lunak serupa Microsoft Office. Berbasis Open Office,  perangkat lunak yang terdiri dari Lotus Symphony Documents, Presentation, dan Spreadsheet. Sekitar 100 karyawan IBM, dosen dan mahasiswa UNIVERSITAS BINA NUSANTARA emnjadi relawan untuk membantu program pelatihan TI ini.

“Dalam rangka memperingati 100 tahun IBM, kami bersama dengan UNIVERSITAS BINA NUSANTARA secara sukarela berbagi keahlian industri dengan para pengajar yang mengikuti pelatihan ini. Inisiatif ini akan menyajikan sistem pelatihan kualitas tinggi guna mempersiapkan para pengajar memasuki abad ke-21,” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur IBM Indonesia seperti dikutip dari rilisnya.

“UNIVERSITAS BINA NUSANTARA bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini dengan niat mulia untuk menciptakan sumber daya pengajar pendidikan dasar yang berkualitas tinggi di Jakarta. Kombinasi antara teknologi dan konten pendidikan ini akan meredefinisikan bagaimana para pengajar menguasai profesi mereka, memoderenkan cara mereka mengajar antara lain dari metode pembelajaran tatap muka di kelas menjadi komunikasi tanpa batas, tentunya yang positif, antara guru dengan siswa dan akhirnya membantu melahirkan para siswa siswi  berkualitas unggul,” ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM, Rektor BINUS UNIVERSITY.

 

Tanggapan Kamu

komentar