Uji Monitor LED BenQ BL2201PT

Di tengah ramainya monitor multimedia dengan teknologi LED serta dukungan Full HD, BenQ hadir dengan sesuatu yang berbeda. BenQ BL2201PT adalah monitor yang juga berbasis LED tapi memiliki sedikit keunikan terutama di desain fisiknya. Tiang penyangganya berbeda dari monitor umumnya karena berupa tabung selongsong yang memiliki fungsi khusus.

Fungsi selongsong ini adalah untuk mengatur posisi monitor secara keseluruhan seperti ketinggian, menghadap kiri atau kanan, serta mendongak atau menunduk. Ada lagi yang membuat monitor ini menarik: ia dapat diposisikan tegak alias portrait. Dengan memutarnya ke posisi portrait, kamu akan merasakan suasana berbeda. Posisi ini berguna untuk mereka yang berkecimpung di bidang artistik seperti mendesain majalah, website, dan lainnya.

Performanya sendiri menurun ketika dalam posisi portrait. Yang paling terlihat, kualitas sudut pandangnya secara horisontal menurun cukup drastis. Posisi ini pun memiliki kekurangan lain, salah satunya adalah menu OSD yang tetap berada pada posisi landscape.

BenQ BL2201PT tampil cukup mengesankan dengan kualitas tampilan yang terbilang bagus, ditambah keberadaan DisplayPort. Jenis koneksi yang terbilang jarang ditemukan ini disediakan oleh BenQ untuk mengakomodasi kebutuhan koneksi di masa mendatang. Sayangnya, ia belum mendukung Full HD dan response time-nya yang 5ms bukan yang tercepat. (Karuna)

 

Spesifikasi

Ukuran Layar 22˝ (16:10)
Interface DVI-D, D-Sub 15pin, Display Port, Audio In/Out (analog)
Resolusi 1680 x 1050 piksel @ 60Hz
Contrast Ratio 12.000.000:1 (dinamis)
Brightness 250cd/m2
Response Time 5ms
Sudut Pandang (horisontal/vertikal) 170/160 derajat
Dimensi Dengan Penyangga (plt) 51,6 x 22,2 x 42,9 cm
Daya Listrik Maks (aktif/standby/saving) 34/-/0,3 W
Bobot (net) 6,1kg
Situs web www.benq.com

Galva Technologies (021) 3456650

 

+ Bisa portrait, ada Display Port.
Belum Full HD, response time seharusnya bisa lebih baik lagi.

Rating – (harga belum tersedia)

 

Tanggapan Kamu

komentar