Hemat Energi Ala Philips

JAKARTA, KAMIS – Belakangan, LED semakin populer dipakai sebagai sumber pencahayaan.  Dari tiap watt yang dimakan, 80%nya diubah jadi cahaya, sementara 20%nya menjadi panas. Menjadikan lampu ini lebih hemat energi ketimbang lanmpu pijar ataupun  halogen. Sebab, pijar dan halogen 80% energinya diubah menjadi panas ketimbang cahaya. Untuk menghemat tagihan listrik di rumah, kini Philips sudh menyediakan beragam lampu LED untuk rumah kamu.

“Teknologi LED memberi peluang tak terbatas, terutama dengan kemampuannya dalam mengurangi konsumsi energi, tahan lama dan memberikan kenyamanan bagi mata. Untuk itu, Philips berkomitmen untuk menyediakan solusi pencahayaan berbasis LED yang menyeluruh dan bermakna untuk membangun sebuah lingkungan yang lebih baik dan lestari dengan pencahayaan yang menggunakan energi 80 persen lebih hemat dibandingkan lampu halogen, yang itu berarti akan mengurangi tagihan listrik anda,” ujar Rob Fletcher, Presiden Direktur PT Philips Indonesia.

Lampu LED yang ditawarkan tidak hanya baik secara fungsional, tapi juga cantik secara estetika. “Pencahayaan adalah satu hal yang sering dilupakan dalam arsitektur,” terang Ary Indra, arsitek yang mendalami soal pencahayaan dalam presentasinya di JCC pada acara konferensi pers Philips di IndoBuildingTech kemarin. Padahal, menurutnya tata cahaya  di suatu ruangan bisa memengaruhi mood dan ruang. Untuk itu, pencahayaan perlu juga diperhatikan secara estetika, selain digunakan secara fungsional. Pencahayaan yang digunakan secara fungsional adalah lampu yang digunakan untuk bekerja. Lampu bercahaya putih, misalnya.

“Tren penggunaan lampu LED memberikan konsumen pilihan yang lebih luas dan menjadikan pencahayaan untuk tidak hanya sekedar sebagai elemen fungsional tetapi menjadi elemen inti dari suatu rancang bangunan yang dapat mencerminkan gaya hidup penghuninya. Melalui The Philips House ini, Philips menghadirkan contoh aplikasi pencahayaan berbasis LED sebagai elemen pilihan dekorasi rumah dan kantor di seluruh Indonesia,” jelas Ary.

Untuk memenuhi fungsi lampu secara estetis, Philips telah menyediakan lampu dalam berbagai warna dan bentuk pilihan. Tersedia pula lampu yang bisa diubah kecerahannya ataupun berpijar warna-warni sesuai keinginan kita. “Pencahayaan berbasis LED menjadi pilihan ideal untuk menciptakan suasana hangat dan meningkatkan penampilan visual dari suatu ruangan, terutama untuk kebutuhan tempat tinggal anda,” tambah Fletcher seperti tertulis dalam rilisnya.

Philips tak hanya menyediakan lampu LED untuk konsumsi pribadi seperti ini, tetapi beberapa hypermarket etrnama juga sudah menggunakan LED sebagai sumber penerangan mereka. Misalkan saja Carrefour Pluit dan Giant BSD, seperti disebutkan Fletcher.

Tanggapan Kamu

komentar