Nusantara Incubation Fund, Sokong Entrepreneur Teknologi Lokal

image

Satu lagi inkubator yang ikut meramaikan industri startup di nusantara, Nusantara Incubation Fund namanya. Cita-citanya, menghadirkan Silicon Valley di Indonesia. Dana Rp100miliar pun siap digelontorkan.

Kepada PCplus Anin, sapaan Anindya, menyebutkan kalau dana inkubator ini didirikan menggunakan uang pribadinya. Dana Rp100miliar itu kabarnya akan digelontorkan bagi 20-30 perusahaan pemula (startup). Untuk menjalankan inkubator ini, Anin menggaet partner dari berbagai kalangan. Hasan Yahya, Shinta W. Dhanuwardoyo, Eric Meijer, dan Jastiro Abi adalah empat orang yang didaulat untuk mengelola dana Rp100miliar ini. Anin menyebut mereka sebagai “kakak angkat” yang bakal membimbing para teknopreneur yang masuk dalam inkubator mereka.

Eric Meijer, Presiden Direktur Bakrie Connectivity, menyebutkan bahwa empat orang ini dengan latar belakangnya masing-masing, bisa membantu para teknopreneur itu. “Shinta dengan latar teknopreneur, saya dengan latar internet, fuad yang ahli soal startup, dan pak Abi untuk soal finansial,” terang Meijer. Ia yakin mereka berempat bisa sharing knowledge dengan para teknopreneur itu.

Selain itu, dengan kekuatan Grup BTel, Anin berjanji kalau para entrepreneur anyar ini bisa bebas bertemu dngN para petinggi Bakrie Telecom, Viva News, TvOne, dan ANTV untuk bertukar pikiran dengan mereka.

Sementara, Fuad berkomentar bahwa hype startup di Indonesia sebenarnya terlambat. “Dibanding Vietnam saja kita terlambat dua tahun,” serunya. Sementara menanggapi isu soal banyaknya investor asing yang mulai melirik Indonesia, menurutnya hal ini disebabkan pasar-pasar Asia seperti Cina dan Vietnam sudah mulai padat dan dikuasai oleh penain-pemain baru. “Indonesialah yang kemudian dilirik,” terangnya.

Kehadiran inkubator ini sendiri menurut Fuad adalah untuk membantu startup memperoleh dana awal. “Sebagai startup memperoleh dana awal itulah yang sulit,” tegasnya. “Kalau selanjutnya ada investor luar yang mau menanamkan modalnya, kami terbuka,” tambah Meijer.

Nah, buat kamu yang mau menjajal kemampuan entrepreneur teknologi ini, kamu bisa mengklik www.nusantaraincubation.com. Satu proposal yang kamu ajukan harus dibuat dalam dua format, terdiri atas satu dan lima lembar.

Tanggapan Kamu

komentar