Tanggapan XL tentang “Dianggap tidak Adil, Aspindo Ancam Boikot XL”

JAKARTA, KAMIS – Kemarin mungkin kamu membaca berita berjudul “Dianggap tidak Adil, Aspindo Ancam Boikot XL”. Nah agar duduk perkaranya lebih jelas, pihak XL telah menghubungi PCplus.

Berikut adalah klarifikasi yang dikirimkan melalui e-mail kepada PCplus:

1.    Bahwa kebijakan clusterisasi merupakan kebijakan pengelolaan jalur distribusi penyediaan pulsa yang diterapkan oleh XL yang bertujuan untuk menjamin adanya keseimbangan pasokan pulsa dengan besaran permintaan pulsa (supply dan demand) yang ada di satu wilayah/daerah tertentu. Kebijakan clusterisasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan Availability, Visibility serta Advocacy yang baik dalam hal penyediaan pulsa XL untuk masyarakat

2.    Bahwa penerapan kebijakan clusterisasi  yang dilakukan oleh XL memberikan beberapa manfaat bagi  masyarakat/pengguna XL dan juga bagi para pelaku usaha penyedia pulsa. Berbagai manfaat yang dapat dirasakan dari adanya kebijakan clusterisasi ini diantaranya adalah (i) adanya jaminan ketersediaan pulsa XL bagi masyarakat/pengguna XL di area manapun dan dengan harga yang stabil atau tidak jauh berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, (ii) Terciptanya  iklim usaha yang sehat dalam hal penyediaan pulsa untuk masyarakat karena terbangunnya mekanisme keseimbangan antara pasokan dan permintaan pulsa di satu wilayah/area, (iii) Dengan terciptanya iklim usaha yang sehat, maka akan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya para pengusaha kecil dan menengah dalam melakukan bisnis penjualan pulsa XL di wilayah operasional masing-masing (iv) Mendorong para pengusaha lokal untuk lebih giat mengembangkan bisnis penjualan pulsa di wilayah operasionalnya masing-masing karena didukung dengan adanya jaminan/kepastian system kontrol dan monitoring dari XL untuk bisa memberikan layanan penyediaan pulsa yang lebih baik bagi masyarakat.

3.    Bahwa mekanisme dan kebijakan distribusi secara clustering sebenarnya sudah diterapkan oleh XL sejak beberapa tahun yang lalu, hanya saja penerapan kebijakan tersebut  masih bisa disalahgunakan oleh sebagian pelaku bisnis penyedia pulsa, yang pada akhirnya memberikan dampak yang tidak baik terhadap XL ataupun terhadap masyarakat atau pelanggan XL, seperti diantaranya (i) Adanya kelangkaan ataupun pasokan pulsa XL yang berlebihan di satu wilayah/area tertentu, (ii) Adanya perbedaan harga pulsa XL yang cukup signifikan antara satu daerah dengan daerah lainnya, (iii) Kurang terciptanya iklim usaha yang sehat dalam bisnis penyediaan pulsa di wilayah/daerah tertentu sehingga merugikan pelanggan.

4.    Bahwa penerapan kebijakan clusterisasi yang dilakukan oleh XL sudah sejalan dengan himbauan/instruksi pemerintah bagi para pelaku usaha untuk dapat menjamin ketersediaan produk & jasanya (supply & demand) untuk  masyarakat/pelanggan dimanapun berada sesuai dengan wilayah operasional pelaku bisnis yang bersangkutan.

5.    Bahwa para pelaku bisnis termasuk XL,  dalam menjalankan bisnisnya dilindungi oleh undang-undang, sehingga apabila ada pihak-pihak yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja melakukan tindakan yang berpotensi merugikan kegiatan operasional bisnisnya, maka XL berhak untuk melakukan berbagai upaya langkah hukum seperlunya.

Demikian kami sampaikan hak jawab dari kami,dan mohon sekiranya bisa segera diinformasikan ke publik.

Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Febriati Nadira

—————————

Head of Corporate Communication

PT XL Axiata Tbk (XL)

Tanggapan Kamu

komentar