Tuh, Thunderbird 5 Beta Sudah Hadir

JAKARTA, SENIN – Mozilla baru saja merilis beta pertama dari Thunderbird 5. Klien messaging e-mail generasi baru ini lompat versi, karena seharusnya versi 4 hadir lebih dulu. Namun versi 4 ditiadakan karena Mozilla ingin nomor versi klien e-mail messaging-nya sesuai dengan versi web browser mendatangnya, Firefox 5.

Selain lompat nomor versi, Thunderbird 5 punya addon manager dan extension management API baru. Menurut Mozilla, user interface untuk addon manager masih akan berubah sampai rilis final muncul. Bagi pengguna Mac akan dihadirkan Universal binaries 32-bit dan 64-bit. Namun Thunderbird 5 tidak lagi mendukung sistem Mac yang jalan dengan prosesor PowerPC.

Sementara ini Thunderbird 5 terlihat mirip antarmuka ber-tab yang ada di Thunderbird 3. Mozilla menyebutkan bahwa ada tweak-tweak interface yang bisa mengatur ulang tab seperti pada Firefox. Tapi karena ini baru beta pertama, kemungkinan besar akan ada lebih banyak penyesuaian dilakukan sebelum sampai rilis final.

Seperti biasa pada rilis utama, Mozilla mengingatkan bahwa beberapa addon plug-in mungkin tidak berfungsi pada Thunderbird 5. Pengguna disarankan untuk menghubungi pengembang add-on agar mereka melakukan sesuatu sebelu Mozilla memutuskan untuk merilis Thunderbird 5.

Sekadar info, Mozilla menjadwalkan Firefox 5 hadir pada bulan ini. Jika jadwal Thunderbird 5 disesuaikan dengan jadwal Firefox 5, berarti versi final kemungkinan muncul sekitar 21 Juni, sebelum akhirnya rilis final public kira-kira beberapa minggu setelahnya.

Tanggapan Kamu

komentar