Bloglevel dan TweetLevel, Untuk Ukur Tingkat Pengaruh

Edelman, perusahaan jasa kehumasan, meluncurkan perangkat gratis untuk mengidentifikasi pengaruh seseorang melalui akun Tweeter ataupun blognya. Perangkat ini dinamai BlogLevel dan TweetLevel. Penilaian peringkat, berdasarkan orisinalitas ide yang lantas disebarluaskan oleh pihak lain. Kemampuan persuasif pengguna kepada fans atau followernya juga dinilai.

“Anggaplah perangkat-perangkat ini seperti GPS, yang diperlukan untuk mencaritahu siapa yang berpengaruh pada sebuah topik,” ujar Nanda Ivens, IndoPacific Edelman Digital Director. Ivens melanjutkan bahwa denga perangkat pengukur ini akan memudahkan pemahaman soal siapa blogger yang berpengaruh. Perangkat ini juga membantu memahami siapa saja yang memengaruhi mereka, sehingga, “akan membantu kita dalam merencanakan dan mengukur kampanye yang efektif.”

BlogLevel dan TweetLevel awalnya memang sengaja dirancang untuk keperluan internal. Namun, kemudian algoritma perangkat ini dibuat terbuka karena menyadari perangkat ini bisa lebih berguna bagi praktisi komunikasi lainnya. Kini, keduanya tersedia gratis dan Ivens optimis bahwa pendekatan crowdsource dapat membantu perangkat ini terus berkembang.

Menurut Edelman UK Director and Head of Influencer Engadgement, Jonny Bentwood, ada beberapa hal yang membuat perangkat ini berbeda dengan perangkat sejenis. “(Perangkat ini) mempertimbangkan pengaruh lebih menyeluruh. Contohnya, blog itu tentu lebih berpengaruh ketika mudah ditemukan di mesin pencari dan di bahas pula dalam saluran media sosial,” terang Jonny.

Perbedaan lainnya, BlogLevel dan TweetLevel juga membedakan antara pencetus ide dengan penyebar ide. Keduanya memang sama-sama memiliki pengaruh, tapi perangkat ini memberi penilaian berbeda antara si pencetus dan penyebar. TweetLevel juga menempatkan peringkat lebih tinggi untuk orang yang terlibat dalam percakapan dan mengirim konten yang relevan dibanding yang hanya mengirimkan pandangan mereka.

Tanggapan Kamu

komentar