ESET Mobile Security Untuk Android Segera Meluncur

Jakarta — ESET Mobile Security untuk Android versi Release Candidate kini sudah tersedia. Versi ini adalah satu tahapan terakhir sebelum produk diluncurkan secara resmi ke publik. Untuk trial, kamu bisa mengunduhnya di www.eset.com.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Gartner, diperkirakan Android akan menjad perangkat yang paling populer di dunia, menguasai 49% pasar smartphone hingga akhir 2012. Pengguna sebesar ini  tentu menggugah para penjahat cyber untuk mengeruk keuntungan dari para pengguna. “Popularitasnya dikalangan user, seriring dengan kerentanan OS tersebut terhadap cyber-criminals,” ujar Miroslav Majtaz, Mobile Security Product Manager di ESET.

“ESET Mobile Security untuk Android, memasuki tahap sebagai Release Candidate dengan membawa serangkaian fitur hasil pengembangan terbaru yang akan menambah portofolio dari produk-produk versi BETA,” tambahnya. Garnet juga memprediksi bahwa ESET Mobile Security akan menguasai lebih dari 60 persen unit Android yang beredar di pasaran.

Fitur tambahan yang dirilis bersama versi RC ini adalah trusted friend. Ini adalah fitur yang mampu me-reset password milik user, jika suatu ketika user lupa. Trusted Friend juga memberikan SMS peringatan ketika ada SIM card yang tidak dikenal dimasukan kedalam smartphone. Antispam juga ditingkatkan untuk memblok panggilan telepon “Calling Line Identification Restriction (CLIR).

Ratusan ribu aplikasi yang tersedia di Android Market pun tak seluruhnya aman. Jika berisi malware, aplikasi tersebut bisa dengan mudah masuk ke perangkat smartphone lalu menyebarkan informasi berharga yang tersimpan di dalam smartphone tersebut. Misal seperti yang terjadi di Rusia. Beberapa waktu yang lalu beredar SMS Trojan horse yang menyamar sebagai media player. Trojan ini kemudian meng-infiltrasi jaringan komunikasi di Rusia. Jiks terinstall, dengan segera aplikasi tersebut akan menyebarluaskan pesan teks dari perangkat smartphone kamu ke nomor-nomor premium numbers. Akibatnya, tentu saja pulsa kamu tersedot untuk premium numbers yang tidak kamu daftarkan.

Untuk keamanan sementara, satu cara yang bisa kamu lakuakn adalah dengan memasang pengaman default untuk mencegah pihak lain untuk mengakses smartphone kamu. Seperti masang password untuk smartphone dan setting auto-lock. Perlakuan ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, karena kedua fitur tersebut dapat disetting didalam system yaitu pada menu Location & Security.

 

Tanggapan Kamu

komentar