ThinkPad Edge 120, si Tipis untuk UKM

JAKARTA, KAMIS – Kalau kamu termasuk kalangan bisnis skala kecil, alias UKM, dan sedang mencari notebook yang tidak terlalu besar, enteng dijinjing, tapi bukan netbook, liriklah tawaran terbaru Lenovo. ThinkPad Edge E120-nya itu berlayar 11,6”, dengan bobot hanya 1,4kg. Pun ia tak terlalu tebal sehingga nyaman dimasukkan ke tas atau dipegang.

“Tebalnya 23,5mm,” kata Stefianus Jatiman (Product Specialist, Lenovo Indonesia) dalam ajang bedah produk di kantor Lenovo di Jakarta tadi siang (25/8/2011). Dibandingkan versi sebelumnya, Edge 11, yang juga ditujukan pada UKM, notebook berprosesor Intel Core i3 generasi kedua dengan dimensi 28,9×20,8 cm ini terlihat lebih tipis.

Kendati lebih tipis, Edge E120 tetap kokoh, sesuai dengan pakem ThinkPad Classic. Fitur-fitur  khas ThinkPad Classic pun dihadirkan, seperti keyboard full-size anti percikan (anti spill), dan trackpoint berwarna merah, sistem ThinkVantage Rescue and Restore untuk memulihkan notebook ke kondisi ‘sehat’ sebelum terjadi crash/kerusakan, software Password Manager, dan sistem APS untuk melindungi isi hard disk dari guncangan/getaran.

Sebuah USB-powered, di luar dua port USB 2.0 normal, juga ditanamkan bersama dengan port VGA, HDMI, RJ45, 4-in-1 card reader, dan jack speaker/mikropon. Bluetooth 3.0. Gigabit Ethernet, Wi-Fi b/g/n  tentu saja terkemas.  Demikian pula low sensitive webcam di tengah panel atas bingkai LCD.

Yang menarik, Edge E120 dibekali fitur Power Management yang tidak hanya bisa memantau konsumsi daya baterai, tetapi bisa mengatur kapan baterai 6-cell-nya (standar) akan diisi ulang. Kamu boleh memilih kapan daya baterai perlu diisi ulang, misalnya pada kondisi 50%, lalu membiarkan notebook yang dipasangi baterai itu tercolok ke jala-jala listrik. Jadi saat daya baterai 50%, barulah pasokan listrik dialirkan ke baterai, dengan melalui proses pengurasan daya (discharge) untuk mencegah rusaknya sel baterai.

Eh iya, Lenovo ThinkPad Edge E120 tersedia dalam dua warna casing: merah cantik (heatwave red) dan hitam. Ia dijual dengan harga mulai dari US$ 719 dengan masa garansi 1 tahun. Dalam kemasannya, tercakup pula sebuah DVD drive eksternal.

2 thoughts on “ThinkPad Edge 120, si Tipis untuk UKM

  1. thinkpad emang maknyosssss!
    ultimate business tools, kerja 24/7 lancar jaya. tanpa takut terganggu virus, OS error, dsb

  2. alhamdulilah!
    akhirnya meninang E120 buat pribadi dan E125 buat istri.
    kesannya ringan dan solid!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version