Aduh, Main Game Online Pun Ada Malwarenya?

Kamu salah satu penggmar game online? Wah, kalau begitu mulai sekarang kamu mesti meningkatkan kehati-hatian dari serangan malware. Pasalnya, jumlah peminat game online yeng begitu besar, sepertinya menarik perhatian para cybercriminal untuk menyebarkan malware.

Game online, sebagaimana kegiatan lainnya dalam dunia maya, pun tak lepas dari bayang-bayang
malware.Nah, apa saja sih jenis serangan dan malware yang sering menghantui dunia game?

Phishing  atau situs permainan game palsu. Ini adalah modus kejahatan yang marak bermunculan di internet. Sebagian diantaranya tampil dengan wajah yang memiliki kemiripan dengan URL atau web game aslinya. Seorang gamer yang tidak waspada tidak hanya berpeluang terinfeksi tetapi juga bisa terancam kehilangan data pribadi, yang lagi-lagi dapat berdampak pada kerugian keuangan kamu.

Situs jejaring sosial juga berpeluang menjadi tempat penipuan. Semisal Facebook, yang tak jarang menjadi tempat penyebaran kejahatan internet. Sebab, banyak account Facebook palsu yang beredar dan dibuat untuk melakukan kejahatan. Parahnya lagi adalah masing-masing menyatakan bahwa mereka adalah produsen resmi dari game-game yang ada di Facebook. Untuk itu, jangan pernah memberikan atau memasukkan data pribadi yang bersifat rahasia ke situs-situs tersebut.

Game-game yang telah terinfeksi dan software bajakan juga berpotensi menginfeksi pengguna. Ini dilakukan lewat software game komputer palsu atau hasil crack. Mereka menyebarkan software ini begitu saja lewat internet agar bisa didownload oleh pemain game. Para pecinta game dihimbau untuk ekstra hati-hati terutama terhadap kiriman attachment e-mail, dan tentu saja juga removable media seperti USB flash drives.

Malware yang belakangan banyak menyerang komputer para gamer online serta paling luas penyebarannya adalah Win32/PSW.OnLineGames. Malware Win32/PSW. OnLineGames adalah masih termasuk keluarga Trojan yang biasanya digunakan untuk melakukan serangan phishing dan ditujukan spesifik ke pemain game online: malware bertipe ini umumnya muncul dengan keylogging dan (terkadang juga) rootkit untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan online games dan data milik pemain.Langkah berikutnya adalah informasi yang diperoleh tersebut akan
dikirim ke komputer lain, yaitu komputer pelaku penyerangan atau pelaku kejaatan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi pemain-pemain di MMORPGs (Massively Multi- player Online Role Playing
Games) seperti Lineage dan World of Warcraft, untuk tetap waspada terhadap ancaman yang potensial menyerang mereka.

“Kerugian yang dialami para gamers online karena infiltrasi malware Win32/PSW. OnLineGames biasanya bisa dalam bentuk kehilangan poin perolehan game yangdimainkan secara online tersebut dan karena poin itu adalah capaian penting dari para gamer dunia. Oleh sebab itu tindakan pencegahan sangat perlu sebelum point atau nilai tersebut hilang” demikian disampaikan oleh Yudhi Kukuh, Technical Consultant dari PT. Prosperita-ESET Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar