Pencarian Gambar Lebih Teliti dengan TinEye (Addon FireFox)

Sampai dengan saat artikel ini ditulis, banyak pihak mengakui keandalan search engine Google untuk mencari referensi maupun berkas, tidak terkecuali berkas gambar atau foto. Setelah mengakses Google dan memilih pencarian gambar (image), biasanya kita mendapatkan gugusan hasil pencarian.

Namun, tahukah Anda bahwa web browser Firefox saat ini dapat ditambahi aplikasi tambahan (add-on atau plugins) bernama Tin Eye yang seringkali dapat menyajikan hasil pencarian foto yang lebih banyak dan mendalam dibandingkan Google Image Search?

Bahkan, kami mencoba dan membuktikan kemampuan Tin Eye untuk mencari foto berdasarkan acuan berkas foto dalam komputer kita.

Jika ingin menambahkan Tin Eye pada peramban web FireFox Anda, silakan akses alamat https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/tineye-reverse-image-search, lalu tekan tombol Continue To Download pada kotak Tin Eye. Lanjutkan dengan klik tombol Add to FireFox. Kotak dialog Software Installation akan tampil, klik tombol Install. Jika sudah selesai, restart-lah FireFox.

Nah, sekarang jika Anda menemukan gambar dari hasil pencarian di Google Image Search, klik kanan pada hasil pencarian itu dan arahkan ke pilihan Search Image on TinEye, maka akan ditampilkan hasil yang lebih mendalam.

Jika kita memiliki foto hasil download dari internet tetapi lupa alamat sumbernya, kita juga dapat membukanya lewat FireFox, yaitu lewat menu File > Open File, lalu arahkan ke direktori lokasi berkas foto target tersebut. Sorot berkas foto target tersebut lalu klik tombol Open. Foto akan tampil di layar FireFox. Selanjutnya, klik kanan pada tampilan foto tersebut lalu pilih Search Image on Tin Eye. Maka, beberapa saat kemudian akan ditampilkan hasil-hasil pencariannya.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita. (Vincent Bayu Tapa Brata)

1 thought on “Pencarian Gambar Lebih Teliti dengan TinEye (Addon FireFox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version