Recovery Cepat Memory Pada FireFox

FireFox keluaran Mozilla adalah peramban web yang andal dan semakin banyak diadopsi oleh pengguna komputer. Namun, sayang ada satu kelemahannya, yaitu konsumsi memori yang tergolong cukup besar.

Untuk mengefisienkan penggunaan memori dan memaksimalkan manajemen memori, FireFox dapat ditambahi dengan add-on atau plugins bernama MemoryFox.
Secara singkat, MemoryFox akan membebaskan memori (flushing) pada saat kita menutup beberapa tab serta pada saat FireFox berada dalam kondisi idle.
Add-on MemoryFox sendiri juga tidak memerlukan memori yang banyak.

Jika Anda ingin menambahkan add-on MemoryFox ke peramban web FireFox, silakan mengakses alamat https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/memory-fox lalu tekan tombol Add to FireFox. Kotak dialog Software Installation akan tampil, klik tombol Install. Kotak dialog Add-on akan menampilkan proses instalasi, tunggulah sampai selesai. Jika sudah selesai, restart-lah FireFox dengan klik tombol Restart FireFox.

Setelah FireFox tampil dan kembali berjalan, klik menu Tool > MemoryFox > Activate MemoryFox -All Process.

Cek pula konfigurasi di bagian menu Tool > MemoryFox > Options. Aturlah jeda waktu antara sebuah aksi dan proses yang dilakukan oleh MemoryFox.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita. (Vincent Bayu Tapa Brata)

5 thoughts on “Recovery Cepat Memory Pada FireFox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version