Duh, Tim Swastika Beraksi Lagi

JAKARTA, SENIN – Tahu tim Swastika? Ini adalah kelompok peretas (hacker) yang suka mempublikasikan database hasil curiannya. Aksi mutakhir mereka adalah meretas lebih dari 10 ribu akun Facebook dan mempublikasikan akun-aku itu tanpa ijin pemiliknya ke layanan berbagi-file di Pastebin. Sebelumnya, melalui rangkaian serangan terhadap SQL, tim Swastika telah mencuri database dari website Kedutaan Besar India di Nepal dan pemerintahan Bhutan. Begitu diumumkan oleh Trend Micro.

“Tim Swastika telah melakukan 2 kali posting terhadap ribuan credential data Facebook yang mereka hacked. Postingan pertama di awal Oktober lalu mereka masukkan ke dalam beberapa forum underground, sisanya ke dalam layanan berbagi file, Pastebin,” kata Peneliti Keamanan Senior dari Trend Micro Rik Ferguson.

 

Khusus bagi pengguna smartphone berbasis Android, Myla Pilao, Director, Core Technology di TrendLabs dari Trend Micro mengingatkan agar mereka berhati-hati. Sebab pertumbuhan malware yang menyerang ponsel Android telah naik 14x dalam enam bulan terakhir ini. “Sebuah posting-an di wall dari seorang teman tampaknya tidak berbahaya, video share dari kontak online, atau pesan instan dari rekan, dapat berpotensi menyebabkan serangan,” wanti-wantinya.

 

Nah agar tidak menjadi korban tim Swastika atau peretas lain, begini saran Ferguson:

  • Gunakan lah kata sandi yang berbeda untuk setiap akun social mediamu
  • Pakai password yang unik tapi mudah diingat, misalnya gabungan huruf dengan angka
  • Buatlah jawaban yang unik terhadap’ pertanyaan keamanan’ untuk mengingatkan jika sewaktu-waktu Facebook-mu dicurigai dibuka oleh orang lain
  • Lakukanlah sign out ketika selesai membuka situs, khususnya saat kamu mengakses social media dari area Wi-Fi
  • Hati-hati mengklik link dari postingan di wall atau tweet yang pengirimnya tidak dikenal

Tanggapan Kamu

komentar