Kompresi Berkas Foto dengan Caesium

Pada era fotografi analog, pemilik asli suatu karya foto ditentukan dari pemilikan filmnya (yang terbuat dari bahan seluloid). Kini, setelah fotografi memasuki era digital di mnan film seluloid tidak lagi digunakan, maka pemilikan karya foto agak sulit ditentukan. Beberapa hal yang dapat diajukan sebagai alternatif pembuktian adalah pemilikan berkas yang memiliki resolusi dan kualitas paling tinggi. Nah, berkaitan dengan hal tersebut maka jangan gegabah dalam membagi-pakai berkas foto. Jika ingin membagi-pakai, berikan saja salinan yang sudah dimampatkan alias diturunkan kualitasnya.

Salah satu alternatif perangkat lunak yang dapat kami rekomendasikan adalah Caesium. Aplikasi karya Matteo Paonessa dan dapat diunduh di alamat http://caesium.sourceforge.com ini berlisensi General Public License (GPL) sehingga boleh digunakan dan didistribusikan secara bebas. Berikut ini cara pakainya:

  1. Buka berkas foto. Jika hanya ingin membuka satu berkas foto, klik menu File > Add Pictures. Lewat menu ini, juga dapat dipilih beberapa berkas foto dengan klik sambil menekan-tahan tombol Shift di keyboard. Namun jika ingin membuka banyak berkas foto dalam sebuah folder, klik menu File > Open Folder. Caesium mendukung input format berkas foto TIFF, JPEG, PNG, BMP, PPM, XBM, XPM.

  2. Atur kualitas hasil kompresi dengan menggeser pasak (slider) Quality. Semakin kecil nilainya, semakin kecil pula ukuran berkas yang dihasilkan. Walaupun begitu, kami amati kualitasnya tidak banyak berkurang dari aslinya. Tentukan pula format berkas hasil kompresi, yaitu: JPEG, BMP, atau PNG. Jika Anda ingin agar semua berkas target (dalam folder) yang dibuka memiliki kualitas kompresi yang sama, aktifkan pilihan Same Quality for All. Klik tombol Set Quality.

  3. Jangan lupa menentukan alamat direktori untuk meletakkan hasil kompresi di bagian Output Folder. Jika sudah siap, klik menu Action > Compress!!

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat. (Vincent Bayu Tapa Brata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version