Menguak Sisi Sekuriti Pada Prosesor

Ternyata, sekuriti atau keamanan bagi pengguna komputer tidak hanya dari sisi jaringan, namun juga pada perangkat keras utama pemroses perintah, yaitu prosesor. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya aplikasi kecil bernama Securable oleh Steve Gibson, pemimpin perusahaan Gibson Research Corporation (GRC) yang merupakan rujukan untuk pengujian keamanan sistem komputer dan jaringan internet.

Silakan download Securable di alamat http://www.grc.com/securable.htm.

  1. Sekilas, ketika dijalankan, aplikasi ini tampak hanya sebagai penyelidik dukungan arsitektur 64 bit pada prosesor di komputer yang sedang kita gunakan. Tapi apakah hanya itu penjelasannya? Ternyata tidak.   

  2. Coba klik masing-masing hasil yang ditampilkan mengenai jenis arsitektur prosesor, dukungan DEP, serta dukungan virtualisasi.  

  3. Akan tampil penjelasan tentang masing-masing dukungan tersebut. Penggunaan arsitektur sistem operasi 64 bit (yang hanya dapat diterapkan pada arsitektur prosesor 64 bit) ternyata juga memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

  4. Dukungan Data Execution Prevention (DEP) pada prosesor ternyata juga dapat mencegah serangan injeksi memori penyangga proses komunikasi sehingga dapat mencegah serangan semacam buffer overrun.   

  5. Dukungan virtualisasi ternyata juga memungkinkan sistem operasi dan emulasi perangkat keras berjalan secara aman dalam lindungan virtual machine dan di bawah pengawasan hypervisor.   

     Semoga artikel ini bermanfaat. (Vincent Bayu Tapa Brata)  

Tanggapan Kamu

komentar