Blackberry Mobile Fusion, Turut Amankan Android dan iOS

Blackberry yang sebenarnya merupakan perangkat kantoran yang terkenal ampuh soal keamanan data, kini berbagi ketangguhan sistem pengaman layanan servernya itu dengan platform smartphone lain seperti iOS dan Android lewat Blackberry Mobile Fusion. Mobile Fusion generasi baru ini juga memasukkan Tablet Blackberry alias Playbook dalam jaringan fusionnya.

Kian populernya perangkat cerdas yang digunakan oleh karyawan perusahaan dengan berbagai platform adalah hal mendasar yang menjadi alasan RIM menghadirkan layanan multiplatform, Mobile Fusion ini. Beragam perangkat ini membuat pening para CIO (Chief Information Officer) dan departemen TI yang berjuang mengelola dan mengamankan akses nirkabel atas berbagai informasi rahasia dalam jaringan perusahaan. Sebab, perangkat smartphone lain itu belum dilengkapi tembok pengaman sebaik RIM.

Penyatuan ini dilakukan dengan menyederhanakan manajemen smartphone dan tablet. Dalam rilisnya disebutkan, ini merupakan langkah awal masuknya RIM ke pasar multi-platform Mobile Device Management (MBM), baik menggunakan sistem operasi BlackBerry®, Google® Android®, maupun Apple® iOS®. Alan Panezic, Wakil Direktur, Enterprise Product Management and Marketing at Research In Motion menyebutkan, “Teknologi ini menyediakan kemampuan pengelolaan yang diperlukan oleh departemen TI untuk bisa mengawasi penggunaan perangkat mobile yang dimiliki baik oleh perusahaan maupun pribadi, dalam lingkungan organisasi mereka. Kesemuanya dapat dikendalikan melalui satu konsol berbasiskan web,” lanjutnya lagi.

Meski demikian, RIM dalam rilisnya mengingatkan bahwa tingkat keamanan perangkat, pengelolaan, dan pengendaliannya, akan bervariasi bergantung kepada kemampuan yang ada pada sistem operasi perangkat masing-masing. Bersama Blackberry Mobile Fusion, hadir pula BlackBerry Enterprise Server (versi 5.0.3). Server ini membantu terwujudnya manajemen perangkat mobile multiplatform yang meliputi;

  • Manajemen aset
  • Manajemen konfigurasi
  • Manajemen dan penetapan keamanan dan kebijakan
  • Perangkat keamanan dan perlindungan saat terjadi kehilangan atau pencurian perangkat (sistem penguncian dan penghapusan jarak jauh)
  • Administrasi berbasis pengguna individu dan grup
  • Kemampuan penggunaan banyak perangkat per pengguna
  • Manajemen perangkat lunak dan aplikasi
  • Manajemen konektivitas (Wi-Fi®, VPN, sertifikasi)
  • Konsol pengendalian yang terpusat
  • Memiliki skalabilitas tinggi

Dilengkapi pula dengan BlackBerry® Balance™ yang membantu mengatur penggunaan satu perangkat untuk keperluan pekerjaan maupun pribadi. Rahasia perusahaan terjaga karena data-data perusahaan akan terkunci jika hendak dikirim ke alamat yang tidak ada dalam daftar. Mobile Fusion kini tengah dalam masa pengujian beta pada pelanggan enterprise terpilih.

Namun, RIM membuka pengajuan pelanggan untuk program closed beta yang akan dimulai pada Januari. Ketersediaan produk ini secara umum rencananya akan tiba pada akhir Maret. Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.blackberry.com/mobilefusion.

Tanggapan Kamu

komentar