Cara Aman Transaksi Online

Makin maraknya toko online yang menawarkan berbagai penawaran dan promo perlu kamu waspadai. Waspada dengan layanan si toko online, penipuan oleh scammer yang membajak transaksi kamu, sehingga kamu mesti membayar barang yang dibeli oleh pelaku scam. ESET, sebuah perusahaan keamanan, memberi beberapa tips agar aman berbelanja di internet.

– Tune-up Komputer: Rawat komputer kamu dengan aplikasi untuk proteksi, antivirus, dan sistem updating untuk aplikasi antivirus dan patching pada browser, serta sistem operasi. Patching akan membantu Anda mencegah infeksi malware dan serangan scam.

– Belanja di situs yang dikenal: Perhatikan reputasi toko online demi menjaga kualitas barang serta proses transaksi yang aman dan pengiriman tiba tepat waktu.

– Jangan Kebelet Diskon : Waspadai tawaran lewat e-mail yang mengajak untuk segera membeli. Terutama jika e-mail seolah-olah dikirim oleh teman kamu di social network. Jangan percaya kalau bahasa yang digunakan cenderung tidak tertata, isinya terlalu umum, dan tidak jelas. Jika tawarannya tampak masuk akal, cek dulu di google untuk memastikan  itu bukan tawaran palsu sebelum membeli.

Jangan berbelanja online di hotspot yang bocor: Nah, kalo lagi belanja online menggunakan WiFi publik, kamu juga harus super hati-hati, karena bisa saja orang yang menyusup dan mengintip semua kegiatan kamu di laptop. Perangkat Internet Security seperti Eset memiliki perlindungan “Strict Protection” guna melindungi kamu dari penyusup ketika menggunakan layanan hotspot di tempat umum.

– Gunakan Kartu Kredit: ESET menilai berbelanja dengna kartu kredit lebih aman ketimbang debit.

Permintaan Informasi Detil: Malware yang tertanam di komputer kamu bisa menambahkan pertanyaan di form isian ketika kamu berbelanja online. Sehingga terdapat banyak pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pembelian ketika mengisi form pembelian di situs. Misal meminta nomor jaminan sosial dan kartu identitas saat memesanan bunga. Hentikan transaksi dan lakukan scanning anti malware.

– Jangan percaya bisa kaya dengan menjawab survey: Tawaran uang, kupon belanja, dari menjawab survey survey kepuasan konsumen dan lainnya yang biasa muncul dalam bentuk pop-up perlu diwaspadai. Tutup pop-up dan jangan pernah memberikan data pribadi kamu.

Perhatikan credit card statement: Pantau terus credit card statement kamu, sehingga kamu tahu transaksi apa saja yang terjadi. Statement ini bisa jadi bukti awal ketika ada transaksi yang aneh, karena mungkin saja kamu terkena scam.

“Transaksi internet merupakan sasaran empuk bagi penjahat internet. Mengantisipasi hal ini, proteksi komputer yang ringan dan optimum sangat diperlukan dan kami merekomendasikan ESET Smart Security 5 karena fiturnya dilengkapi dengan Antispyware, Antispam, Out of Home Network ketika sedang di jalur hotspot,” ujar Marketing Director PT Prosperita-ESET Indonesia, Chrissie Maryanto.

Tanggapan Kamu

komentar