Kyobo E-Reader, Pertama dengan Layar Mirasol

Kyobo E-reader dengan Mirasol display dari Qualcomm MEMS

Qualcomm MEMS dan toko buku terbesar di Korea, Kyobo Book Center, mengumumkan penjualan Kyobo e-reader. Tidak seperti e-reader sebelumnya, layar Kobo e-reader bisa menampilkan warna, hemat baterai, tetap cemerlang di bawah terpaan cahaya matahari, dan bisa memainkan video. Ini dimungkinkan sebab e-reader tersebut sudah menggunakan layar mirasol buatan Qualcomm.

Menariknya, layar Mirasol ini lebih hemat energi. Dengan layar mirasol, perangkat e-reader ini diklaim mampu digunakan membaca selama berminggu-minggu jika digunakan membaca selama 30 menit sehari, tanpa WiFi, dan lampu depan menyala. Ketahanan baterai tergantung dari cara pemakaian dan kondisi pencahayaan lingkungan. Nah, menariknya lagi, berbeda dengan LCD dengan backlit konvesional, mirasol bisa terlihat cerah bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. Wah, asyik ya?

Di samping semua kelebihannya urusan tampilan layar, Mirasol memang belum sebening tampilan LCD backlit

“Para pelanggan Kyobo akan menjadi yang pertama yang menikmati pengalaman e-reader berwarna yang istimewa dengan baterai tahan lama, dimana hanya mirasol yang dapat menyediakannya,” ujar Clarence Chui, Senior Vice President dan General Manager Qualcomm MEMS Techmologies. Meski demikian, warna yang ditampilkan layar ini memang tidak sebening LCD backlit.

Selain itu, Qualcomm pun sudah memperbarui kemampuan layar dengan resolusi 223 ppi ini untuk memainkan video. Layar yang ditempatkan untuk e-reader berukuran 5,7 inci ini, di pertengahan 2010 hanya mampu memainkan video 15frames per second (fps). Namun, November kemarin Qualcomm mendemokan prototipe Mirasol yang sudah bisa memainkan video hingga 30 fps. Sehingga video yang ditampilkan sudah lebih nyaman di pandang.

Membeli Kyobo e-reader yang dilengkapi dengan prosesor Snapdragon S2 1GHz  ini, berarti kamu bisa mengakses 90.000 e-book Kyobo. Kamu juga jadi orang-orang pertama yang dapat akses gratis buku biografi eksklusif Steve Jobs terbitan Minumsa, Korea, dalam bulan pertama. Disediakan pula konten perkuliahan dalam format video dari EBS, jagoannya materi pendidikan di Korea. E-reader ini juga punya kemampuan text-to-speech dalam bahasa Inggris. Untuk aplikasi dan tampilan antarmuka, Kyobo e-reader menggunakan sistem operasi Android 2.3. E-reader ini dibanderol US$310.

Tanggapan Kamu

komentar