Untuk Kaum Profesional, Dell Hadirkan Tablet Windows 7

JAKARTA, SELASA – Tablet PC hari-hari ini makin ramai dihadirkan vendor PC. Belakangan oleh lembaga riset independen, sebutan ini dikoreksi menjadi slate PC.

Apa bedanya? Tablet PC, begitu terang si lembaga riset itu, merujuk pada perangkat yang layarnya bisa diputar dan dilipat, serta memiliki keyboard fisik. Sementara slate PC adalah perangkat mobile yang tidak punya keyboard fisik, tapi berlayar sentuh. Di layar itu bisa dihadirkan keyboard virtual. Namun sementara waktu, kedua istilah ini masih campur-aduk. Ah, apalah arti sebuah nama. Begitu kata Shakespeare.

Selama ini tablet atau slate PC yang sekarang banyak beredar biasanya bersistem operasi Android yang open source. Peruntukannya pun lebih banyak untuk mendukung penggunanya bersenang-senang, bukan bekerja serius.

Saat ini tablet/slate PC yang menggunakan sistem operasi Windows 7 memang masih bisa dihitung dengan jari. Di antara yang sedikit itu, salah satunya adalah Dell Latitude ST.

Dimotori Windows 7 dan prosesor Intel Atom , Latitude ST dengan layar multi-touch 10” pun ditujukan untuk kalangan profesional yang mobile. Agen asuransi, dokter, perawat dan profesional medis, serta para guru adalah beberapa dari target pasar perangkat yang datang dengan fitur Wi-Fi dan opsi mobile broadband ini.

Agen asuransi  bisa menggunakannya untuk mendokumentasikan kecelakaan, mengisi form secara lengkap, mendapatkan tandatangan dan klik Submit di lokasi yang tepat. Sementara itu dokter, perawat dan profesional medis lain bisa memanfatkannya untuk melihat catatan rekam medis pasien, membuat saran medis, menuliskan resep dan melakukan riset dengan aman saat di perjalanan.  Sebuah stylus disertakan untuk memermudah proses input, andai sapuan dan tekanan ujung jari kurang fasih dilakukan penggunanya. Juga tak perlu kuatir layarnya tergores, karena layar sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass.

Layaknya perangkat mobile, Dell Latitude ST sudah dilengkapi webcam dengan kamera depan dan belakang, mikropon built-in dan software videokonferensi Skype. Sejumlah port built-in tersedia untuk koneksi ke proyektor, printer atau perangkat lain.

Eh iya, karena ditujukan untuk kalangan profesional, Latitude ST juga mengusung fitur PC jaringan sehingga memudahkan administrator TI yang mengelolanya. Solusi remote management yang ada atau Dell KACE appliances tetap bisa dipakai. Data penting pun bisa diproteksi dengan Dell Data Protection/Encryption. Latitude ST juga dapat diintegrasikan ke solusi virtual desktop.

Tanggapan Kamu

komentar