Tutup Tahun 2011, HTC Sajikan Smartphone Android Premium

JAKARTA, KAMIS –  Harga smartphone HTC yang diperkenalkan awal pekan ini (19/12/2011) di Jakarta bikin kaget. Harga bandrol HTX Sensation XL itu Rp 6.999.999.  Padahal seminggu sebelumnya HTC dengan bangga memperkenalkan Explorer,  smartphone Android yang harganya murah, Rp 2,499 juta.

“Ini paket premium,” begitu aku HTC Head of Product Marketing Samudro Seto. Menurutnya harga itu sesuai dengan target yang dibidik Sensation XL, yakni segmen premium yang mementingkan segala-galanya berkualitas terbaik, mulai dari materi sampai bundel software. “Ini diposisikan sebagai produk yang fashionable, tipis. Hanya 9,9mm,” kata Samudro.

Pasti penasaran seperti apa fiturnya sehingga harga smartphone ke-10 yang diluncurkan HTC di tahun 2011 itu ‘tinggi’ bukan? Pertama, Sensation XL membundelkan paket data  Internet unlimited selama 12 bulan dan gratis international roaming di 10 negara selama 9 hari dari XL Axiata.

Jika diperhatikan, layar Sensation XL terkesan luarbiasa besar. “Ukurannya 4,7”, terbesar dari semua smartphone (HTC) yang diluncurkan selama ini,” kata Samudro. Di layar besar tersebut, tambah Samudro, nonton video dijamin enak, apalagi layar tersebut mendukung penayangan video berkualitas HD (high definition).

Selain menayangkan video, Sensation XL pun bisa merekam video. “Video recording-nya pun berkualitas HD, kita bisa langsung edit dari handset,” terang Samudro. Agar video tidak bisu seperti film tahun 20-an, kamu bisa merekam audio dengan kualitas stereo. Untuk keperluan ini tersedia dua mikropon di badan Sensation XL.

O ya, seperti saudaranya (Sensation XE), Sensation XL ini sudah ditanami teknologi audio dari Beats Audio. Jika jack headphone-nya kamu tancapi headphone/earphone Beats Audio by Dr Dre yang disertakan, Beats Audio Tune otomatis aktif, dan kamu bisa menikmati suara yang cantik, kaya detail langsung di liang telingamu. “Kualitas suaranya beda,” tegas Agus Sugiharto (Country Manager, HTC Indonesia).

Fitur premium lainnya hadir pada kamera (ada dua, depan dan belakang). “Kameranya sangat superior. Delapan megapiksel dengan f 2.2 wide angle sehingga bisa tangkap gambar secara luas dan di suasana gelap,” kata Samudro.  Bukan hanya itu.

“Di kamera ada fasilitas bokeh. Tinggal tekan kamera, di pojok  kanan atgas ada tulisan effect. Pilih depth of field, maka akan keluar lingkaran. Bila obyek di layar disentuh, bagian yang disentuh itu akan fokus, dan sisanya blur (kabur). Fitur ini adanya di kamera DSLR (digital SLR). Tidak ada smartphone lain yang punya,” urai Samudro bangga. Ia menambahkan, Sensation XL memiliki pure chip yang didedikasikan untuk urusan imaging. “Capture-nya cepat, kurang dari 2 detik,” tambahnya.

Apa lagi keistimewaan Sensation XL?  Untuk video call, sudah tersedia aplikasi Tango sehingga kamu tidak perlu repot mengunduh Skype. Mau simpan file ukuran gede? Ah, unggah saja ke DropBox, storage online. Khusus bagi pemilik Sensation XL, HTC menyediakan kapasitas cloud storage DropBox 5GB. “Jadi tidak perlu berat-beratin handset karena semua bisa disimpan di cloud dan bisa diakses dari mana saja,” jelas Samudro.

“Cloud services-nya nyaman, kita tidak perlu buka laptop untuk sinkronisasi, tinggal buka DropBox di   handset, lalukan edit, lalu save file. Tidak perlu sinkronisasi. Nanti di rumah, ketika buka laptop, file-file sudah otomatis disinkronisasikan,” urai Samudro tentang smartphone yang dibekali HTC Sense 3.5 sehingga bisa menampilkan semua e-mail dari beragam layanan dalam satu layar itu.

O ya, smartphone Android Gingerbread ini juga dilengkapi memori internal yang lega, 16GB, dengan RAM 768MB. Dimensi badannya 13,25×7,07×0,99 cm. Karena badannya lebar, ia agak berat dengan bobot 162,5 gram. HTC Sensation XL sudah ditanami baterai Li-ion Polymer berkapasitas 1600mAh yang tahan dipakai bicara sampai 410 menit pada modus WCDMA (atau 710 menit di moda GSM).

Nah kini kamu paham bukan mengapa HTC Sensation XL dengan casing unibody berwarna putih ini dihargai premium?

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Tutup Tahun 2011, HTC Sajikan Smartphone Android Premium

  • 23/12/2011 at 09:15
    Permalink

    mantap yo… saingan galnote… sering2 update berita ya min…

  • 23/12/2011 at 14:52
    Permalink

    Siap kk 🙂

  • 29/12/2011 at 15:11
    Permalink

    gak perlu mahal2 ah. Yang biasa aja bisa buat nelp, sms, inetan, sama maen game.. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.