Dengan SmartEco, Proyektor BenQ Kini Ramah Energi

JAKARTA, KAMIS – Proyektor digital umumnya mengonsumsi daya sekitar 180 sampai 330 watt saat dipakai. Inilah mengapa, proyektor ada di posisi dua setelah mesin foto kopi dalam daftar perangkat kantor paling “rakus” energi.

“Bayangkan berapa daya yang dihabiskan setiap bulan seandainya dalam satu kantor ada 100 proyektor digital dan dipakai selama 5 jam sehari,” kata Liong Po Tjian (Director Assistant, PT. Galva Technologies). Liong Po Tjian juga menambahkan, sistem penghemat energi yang dibuat banyak produsen proyektor tidak secara sigifikan menurunkan konsumsi daya. Jika pun ada biasanya akan mengorbankan kualitas tampilan proyektor.

Berdasarkan masalah tersebut, BenQ melakukan inovasi di lini proyektornya dengan menyematkan teknologi bernama SmartEco yang dikembangkan sendiri oleh BenQ dan disandingkan dengan teknologi lampu proyektor ImageCare milik Philips.

SmartEco dikatakan mampu menghemat konsumsi daya proyektor BenQ sampai 70%. Yang terpenting, SmartEco bekerja tanpa mengorbankan kualitas gambar yang dihasilkan proyektor. Caranya dengan cara mengenali bagian terang-gelap di gambar yang akan ditampilkan oleh proyektor. Kemudian, dengan algoritma tertentu, bagian lampu diproyektor akan dimatikan atau dihidupkan sesuai warna pada gambar tadi, sehingga daya yang dipakai bisa lebih sedikit tanpa mengurangi kecerahan, kontras atau kualitas gambar dan video.  “Itulah mengapa, selain lebih hemat listrik proyektor dengan SmartEco juga punya umur lampu yang lebih panjang dibanding proyektor konvensional”, jelas Lee Kim Huat (Managing Director, BenQ Singapura).

BenQ juga sempat menunjukkan kinerja SmartEco ini di sela-sela perkenalannya kepada wartawan. Beberapa gambar ditunjukkan dalam tiga moda: normal, eknomis dan SmartEco. Saat dalam moda normal, proyektor mengkonsumsi sekitar 270 watt dan turun menjadi sekitar 210 watt ketika moda ekonomis dihidupkan. Namun saat moda SmarEco aktif, pemonitor konsumsi daya menunjukkan angka di kisaran 160 sampai 200 watt.

Saat ini SmartEco sudah dibenamkan di enam model proyektor BenQ, mereka adalah: MS513, MX514, MW516, MX813ST, MX850UST, dan MW851UST.

 

Tanggapan Kamu

komentar