Review Monitor Samsung SyncMaster S19A100N

Penggunaan LCD sebagai monitor untuk PC yang sudah sangat umum sekarang ini membuat produsen besar seperti Samsung terus mengeluarkan produknya dengan beragam fitur terkini yang menarik.

Monitor berukuran sedang (antara 19˝ sampai 22˝) tampaknya masih menjadi primadona untuk penggunaan standar, walaupun monitor dengan ukuran layar besar (sampai 30˝) tersedia juga di pasaran. S19A100N sendiri adalah salah satu monitor LCD terbaru berukuran 19˝ dari Samsung yang telah menggunakan LED untuk backlight-nya.

Tampang fisiknya cukup minimalis, tak banyak hiasan ataupun corak. Bodinya yang mengkilap di hampir seluruh bagian membuatnya tampil sedikit bergaya. Kesan ‘bersih’ ini terasa semakin kuat karena hanya ada satu tombol di sini, yaitu On/Off yang juga berfungsi ganda sebagai Auto. Sebagai masukan, Samsung S19A100N hanya menerima jenis analog alias DSub 15pin yang lazim  ditemukan untuk kelas ini.

Tidak adanya tombol lain selain On/Off yang merangkap Auto memang membantu tampangnya, tetapi ini malah menyulitkan ketika harus melakukan pengaturan tampilan. Solusinya, kamu harus menggunakan software khusus untuk itu, seperti Magic Tune, atau melakukan pengaturan melalui Control Panel milik kartu grafis. Cukup merepotkan, apalagi pabriknya mengatur brightness dan contrast pada level yang cukup tinggi.

Pada uji gradasi, warna putih terlihat washed out akibat kontras yang cukup tinggi. Sementara, untuk brightnessnya, tingkat kecerahan monitor LCD ini kurang merata karena area bawah layar terlihat jauh lebih terang dibandingkan area atas. Meskipun begitu, untuk penggunaan biasa, masih cukup. (Karuna)

Spesifikasi 

Ukuran Layar 18,5˝(16:9)
Interface D-Sub 15pin
Resolusi 1366 x 768 piksel @ 60Hz
Contrast Ratio 5.000.000:1 (dinamis)
Brightness 200cd/m2
Response Time 5ms
Sudut Pandang (horisontal/vertikal) 178/178 derajat
Lain-lain Magic Tune
Dimensi dengan Penyangga (plt) 44,3 x 21,4 x 36,7 cm
Daya Listrik Maks (aktif/standby/saving) 17/0,3/- W
Bobot (net) 2,1kg
Situs web http://www.samsung.com

Samsung Electronic Indonesia (021) 52991777

+ Menggunakan LED.
– Butuh pengaturan lebih lanjut, tanpa tombol pengaturan tampilan.

Rating  –

Tanggapan Kamu

komentar