SpotDokter, Temukan Dokter dari Smartphonemu

Jakarta — Akhir pekan lalu, SpotMed Group meluncurkan aplikasi kesehatan pertama mereka. Mereka menyebutnya sebagai Spot Dokter. Disebut Spot Dokter karena kamu bisa menemukan lokasi rumah sakit, apotik, dan jadwal dokter langganan lewat smartphone kamu. SpotMed juga menyediakan artikel terkait kesehatan yang diklaim lebih terpercaya ketimbang yang banyak beredar di situs online. Sebab, tim SpotMed yang terdiri dari tiga doker muda ini yang akan menilai validitas artikel-artikel yang masuk di SpotDokter.

Aplikasi yang dibuat oleh Mendy Candella, Pascal Christian, dan Jaka Pradipta ini merupakan aplikasi berbasis lokasi. Setelah aplikasi ini melacak lokasi kita, ia segera merekomendasikan rumah sakit terdekat serta jadwal praktek dokternya. Selain itu, kamu bisa langsung menelpon rumah sakit tersebut langsung dari aplikasi ini. Mendy menjelaskan, bahwa saat ini SpotDokter memiliki basis data sekitar lebih dari 1500 rumah sakit serta 1400 dokter di Indonesia. Informasi rumah sakit terdapat di aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang terdapat didalamnya, seperti bermacam poliklinik serta pilihan rawat yang disediakan.

Pascal menyampaikan harapannya agar aplikasi ini bisa membantu merekomendasikan dokter yang tepat untuk pengguna. Sayangnya, ketika PCplus coba, belum ada fitur rekomendasi dokter yang tersedia yang bias mendukung proses rekomendasi itu. Sementara Mendy menyebutkan bahwa aplikasi ini dibuat atas sulitnya mencari informasi mengenai rumah sakit terdekat, serta siapa dokter yang bertugas saat itu. “Kami merasakan kesulitan menemukan informasi seperti ini baik online maupun offline, untuk itulah solusi ini hadir.” Untuk mencapai rumah sakit yang dituju, Spot Dokter juga menyertakan peta lokasi. Sayangnya, peta ini belum bisa diintegrasikan dengan aplikasi maps di smartphone kamu, sehingga kamu tidak bisa langsung mendapat bimbingan jalur ke rumah sakit tersebut. Tapi, dengan demikian, berarti akan lebih menghemat akses data kamu.

SpotMed Group ini berada di bawah asuhan dari Project Eden, sebuah inkubator startup lokal. Calvin Kizana, CEO PT Elasitas Multi Kreasi yang sekaligus merupakan mentor dari Project Eden, menyebutkan optimismenya atas aplikasi kesehatan ini. Sebab, ke depannya, aplikasi kesehatan akan semakin menjadi tren. Sebagai contoh ia menyebutkan bahwa aplikasi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan yang beredar di App Store, toko aplikasi Apple, kini semakin banyak. Semisal aplikasi untuk mengukur kardio, menghitung kalori, bahkan merekomendasikan gaya hidup sehat dari hasil analisa kegiatan kita sehari-hari. SpotDokter telah tersedia di Android Market dan Blackberry App World. Sementara untuk pengguna iOS akan segera menyusul.

Tanggapan Kamu

komentar