Saham Yahoo di Alibaba Ditebus US$ 7,1 Miliar

JAKARTA, SELASA – Setelah diskusi berbulan-bulan, raksasa Internet Yahoo akhirnya melepas setengah sahamnya di Alibaba ke portal web Cina tersebut dengan harga US$ 7,1 miliar. Saham Yahoo di Alibaba merupakan aset berharga perusahaan tersebut dan kedua perusahaan tersebut berdiskusi lama tentang penjualannya. Sekarang keduanya telah mencapai kesepakatan. Yahoo akan mengantongi US$ 6,3 miliar tunai dan US$ 800 juta dalam rupa saham Alibaba yang baru dikeluarkan.

Yahoo juga akan mendapatkan perlakuan khusus ketika Alibaba menawarkan saham publik perdananya (IPO – initial public offering). Menurut Yahoo, Alibaba akan harus membeli 25% saham Yahoo yang tersisa pada waktu IPO atau mengijinkan Yahoo menjual 25% saat IPO.

Setelah IPO Alibaba, yang tanggalnya belum ditentukan, Yahoo dapat menjual saham sisa yang dimilikinya kapan saja, tentu saja setelah masa ‘lock-up’ biasanya.

Alibaba dan Yahoo juga telah sepakat untuk melisensi-silang teknologi dan paten mereka. Selain itu Alibaba berhak mengoperasikan operasi Cina Yahoo di bawah merek Yahoo selama empat tahun ke depan. Agar Alibaba bisa menggunakan merek Yahoo, mereka akan membayar di depan US$ 550 juta diikuti dengan pembayaran royalti selama empat tahun berikutnya.

Tanggapan Kamu

komentar